Prabowo-Gibran akan tambah anggaran riset di perguruan tinggi

id Prabowo Subianto ,Gibran Rakabuming Raka ,Biaya riset,Riset, pemilu 2024, pilpres, teknologi, industri

Prabowo-Gibran akan tambah anggaran riset di perguruan tinggi

Ilustrasi - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berorasi saat berkampanye di Kota Bengkulu, Bengkulu, Kamis (11/1/2024). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Jakarta (ANTARA) -
Komandan Tim Komunikasi Bravo Tim Kampanye Nasional (TKN), Budisatrio Djiwandono, mengatakan pasangan Prabowo-Gibran akan menambah anggaran untuk riset di perguruan tinggi.

"Prabowo-Gibran siap melaksanakan keberlanjutan amanat Pak Presiden, untuk menambah anggaran riset. Khususnya untuk perguruan tinggi," kata Budisatrio dalam keterangan pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Menurut Budisatrio, peningkatan kualitas riset memang masuk dalam salah satu visi-misi Prabowo-Gibran.

Hal tersebut dikarenakan Prabowo-Gibran ingin setiap penelitian menghasilkan inovasi yang berkualitas di bidang industri dan teknologi.

Dengan majunya bidang riset tersebut, dia yakin banyak teknologi dan temuan baru di bidang industri yang dapat dipakai untuk memajukan bangsa.

Terkait penambahan anggaran, Budisatrio memastikan Prabowo-Gibran akan mengalokasikan anggaran riset menjadi 1,5 persen dari pendapat domestik bruto (PDB) Indonesia.


Dengan upaya itu, dia yakin setiap perguruan tinggi akan lebih maksimal dalam melakukan riset teknologi dan industri.


Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.