Gubernur Sulteng tinjau TPS di Sigi bersama Forkopimda

id Pemilu, gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, tinjau TPS, pemungutan suara, Sigi, Kalukubula, pesta demokrasi, Sulawesi Tenga

Gubernur Sulteng tinjau TPS di Sigi bersama Forkopimda

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura (baju batik) bersama unsur Forkopimda didampingi Ketua Bawaslu serta KPU meninjau TPS 1 Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi guna memastikan kelancaran proses pemungutan suara pemilu, Rabu (14/2/2024). ANTARA/ Moh Salam

Sigi, Sulteng (ANTARA) -
Gubernur Sulawesi Tengah(Sulteng) Rusdy Mastura bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) meninjau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Sigi guna memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan lancar.


 


"Pemantauan TPS ini bersama dengan rombongan Forkopimda Sulawesi Tengah ke lima lokasi di Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Sigi," kata Rusdy saat meninjau proses pemungutan suara di TPS Desa Kalukubula, Kabupaten Sigi, Rabu.


 


Lima titik yang menjadi tujuan kunjungan gubernur dan rombongan yakni TPS 27 Jalan Dewi Sartika di Kecamatan Palu Selatan, TPS di Kelurahan Petobo, Kota Palu, kemudian TPS 1 Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, TPS Desa Loli Oge, Kecamatan Banawa, dan TPS di ibu kota Kabupaten Donggala.


 


Ia mengemukakan, proses pemungutan suara di Sulteng berdasarkan pemantauan masing-masing pemerintah kabupaten/kota berjalan lancar.


 


"Tingkat partisipasi masyarakat datang ke TPS bagian yang penting sebagai salah satu indikator tingkatkan kesuksesan pemilu, dan kami berharap pesta demokrasi berjalan sesuai dengan asasnya yakni bebas, langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil," tutur Rusdy.


 


Menurut Cudi sapaan akrab Rusdy Mastura, masyarakat tidak hanya sekedar menyalurkan hak pilih di TPS, tetapi juga memiliki peran mengawasi jalannya Pemilu.


 


Olehnya, jika masyarakat menemukan dugaan pelanggaran di TPS segera laporkan kepada Pengawas TPS (PTPS) sebagai perpanjangan tangan Bawaslu.


 


"Saya berharap KPU dan Bawaslu menjaga integritasnya dalam menjalankan tugas. Ada Gakkumdu juga, jadi silahkan lapor kalau ada dugaan pelanggaran, semua ada mekanismenya," ucapnya.


 


Di kesempatan itu, iya juga meminta masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang sengaja di tebar untuk memecah belah, termasuk menyebarluaskan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


 


"Jangan mudah terpancing dengan informasi-informasi yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Kalau ada orang-orang mau buat kacau, itu separatis namanya," ujar Rusdy.