Kapolres Parigi pastikan pemungutan suara di TPS berjalan lancar

id Pemilu, pemungutan suara, rekapitulasi pemilu, penghitungan suara, Kapolres parimo, Jovan Reagan, KPUparimo, Ariyana, pemilihan umum, Parigi Moutong

Kapolres Parigi pastikan pemungutan suara di TPS berjalan lancar

Kapolres Parigi Moutong, Jovan Reagan Sumual bersama Ketua Komnas HAM Sulawesi Tengah, Dedi Askary meninjau proses pemungutan suara di TPS khusus Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Parigi, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Kapolres Parigi Moutong Jovan Reagan Sumual memastikan proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah hukum kabupaten tersebut berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan dari pihak-pihak tertentu.


 


"Laporan kami terima proses pemungutan suara di TPS berjalan sesuai prosedurnya," kata Jovan saat meninjau TPS khusus di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Parigi, Rabu.


 


Ia mengemukakan, personel Polri bertugas di Polres Parigi Moutong telah disiagakan di 1.360 TPS di kabupaten itu untuk mengamankan jalannya pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara.


 


Termasuk pengamanan pada 71 TPS terpencil, 12 TPS sulit, 39 TPS tersulit, 1 TPS terpencil dan tersulit di Parigi Moutong yang hingga siang ini suasana di lokasi tersebut tetap kondusif.


 


"Kami mendapat informasi bahwa personel dan petugas pemilu TPS tersulit di Dusun Ansibong, Desa Pebo Unang, Kecamatan Palasa telah tiba pada Tanggal 12 Februari 2024. Tim ini termasuk cepat tiba di titik lokasi, karena estimasi jarak tempuh ke wilayah tersebut kurang lebih 36 jam, tidak ada akses transportasi selain jalan kaki," tutur Jovan.


 


Ia berharap semua elemen masyarakat harus saling menjaga satu sama lain, jangan karena perbedaan politik suasana kekeluargaan menjadi terganggu.


 


"Rayakan pesta demokrasi ini dengan penuh riang gembira, kami berkomitmen mewujudkan pemilu damai 2024," ujarnya.

Ketua KPU Parigi Moutong, Ariyana memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan usai meninjau proses pemungutan suara di TPS khusus Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Parigi, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Moh Ridwan




 


Ketua KPU Parigi Moutong Ariyana mengatakan, hingga saat ini tidak ada kendala dalam kegiatan pemungutan suara. Pencoblosan di TPS dimulai sejak pukul 07:00 sampai dengan pukul 13:00 Wita.


 


Selain itu, anggota KPPS juga telah melaksanakan tugas sesuai dengan prosedur pemilihan melayani pemilih datang ke TPS.


 


"Tentunya kami berupaya mencegah terjadinya pemungutan suara ulang, olehnya petugas KPPS harus memahami dengan cermat dan jangan melakukan kesalahan atau mengambil keputusan di luar dari ketentuan," ucapnya.


 


Ia juga berharap, partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 dapat memenuhi target 85 persen karena wilayah Parigi Moutong cukup luas dan menjadi salah satu daerah dengan pemilih terbanyak di Sulteng dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 326.675 orang, terdiri dari 166.564 pemilih laki-laki dan 160.111 pemilih perempuan.


 


Selain itu, ada pula Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sejumlah 3.377 orang, 1.848 diantaranya adalah pemilih laki-laki dan 1.529 pemilih perempuan tersebar di 882 TPS dari 1.360 TPS.