Warga Desak Pemkot Palu Amankan Habitat Buaya

id buaya

buaya (aswan)

Palu, (antarsulteng.com) - Sejumlah warga mendesak Pemerintah Kota Palu di Sulawesi Tengah untuk secepatnya mengamankan habitat buaya yang terletak di Kelurahan Tatura Selatan karena dikhawatirkan bisa menelan korban jiwa.

"Pak RT, tolong agar disampaikan kepada Pemkot Palu untuk segera mengamankan buaya-buaya yang ada di kolam di bilangan Jalan Kancil, sebelum binatang itu memangsa orang," kata Rina, salah seorang warga Kelurahan Tatura Selatan, Senin.

Ia mengatakan kolam yang ada di wilayah itu banyak dihuni buaya dengan berbagai ukuran.

Salah satu buaya yang ada di kolam tersebut beberapa hari lalu berhasil ditangkap warga, namun kemudian dilepas ke Sungai Palu.

Tetapi buaya yang ditangkap warga, kini sudah kembali lagi di kolam dan terus terang mengancam warga yang bermukim di dekat kolam.

Karena itu sebelum, buaya-buaya itu menyerang orang, seyogyanya Pemkot Palu atau instansi terkait untuk mengamankannya.

Hal senada juga disampaikan Fian, seorang penduduk yang bermukim di dekat kolam itu. Ia juga meminta agar Pemkot Palu segera mengamankan paling tidak lokasinya di pagar.

Atau buaya-buaya itu ditangkap dan dipindahkan ke tempat penangkaran khusus.

"Saya pernah menghitung ada tujuh ekor buaya yang selalu terlihat di kolam," kata dia.

Jumlah itu kemungkinan bisa lebih banyak lagi. Soalnya, kolam itu sudah dipenuhi rumput-rumput dan juga biasanya menjadi tempat memancing.

"Saya khawatir tiba-tiba buaya tersebut menyerang manusia. Dan sebelum hal itu terjadi, Pemkot Palu sebaiknya mengambil langkah-langkah bagaimana mengamankannya," kata dia.(BK03)
Pewarta :
Editor: Anas Masa
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar