Dinkop UKM Sulteng tingkatkan keterampilan pelaku usaha di Tojo Una-Una

id Dinkop UKM Sulteng ,Pelatihan kewirausahaan ,Pelaku usaha ,Sulteng ,Tojo Una-una

Dinkop UKM Sulteng tingkatkan keterampilan pelaku usaha di Tojo Una-Una

Sebanyak 30 pelaku usaha mengikuti pelatihan kewirausahaan di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulteng, Kamis (23/5/2024). (ANTARA/HO-Dokumentasi Dinkop UKM Sulteng)

Tojo Una-una, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkatkan keterampilan dan kemampuan kewirausahaan pelaku usaha di Kabupaten Tojo Una-Una.
 
"Untuk menjadi seorang wirausahawan, membutuhkan berbagai pondasi pengetahuan, keterampilan dan juga mental yang kuat," kata Kepala UPT Balai Pelatihan Koperasi, UKM Sulteng Obin di Tojo Una-Una, Kamis.
 
Oleh karena itu, Dinkop UKM Sulteng menggelar pelatihan kewirausahaan yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan, pengetahuan, wawasan, dan daya saing pelaku usaha.
 
Menurut dia, pelatihan kewirausahaan merupakan investasi penting bagi individu yang ingin sukses dalam dunia bisnis.
 
Pelatihan kewirausahaan, kata Obin, selain untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan daya saing bisnis pelaku usaha, juga sebagai upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pelaku usaha agar dapat "naik kelas" dari usaha mikro, naik menjadi kecil, kemudian naik lagi menjadi usaha menengah.
 
"Selain itu, dapat memahami potensi unggulan daerah yang diharapkan berdampak pada peningkatan hasil usaha yang optimal yang nantinya memperkuat ekonomi dan menciptakan wirausahawan tangguh, mandiri, berdaya saing serta terbuka peluang usaha baru," ujarnya.
 
Pelatihan ini diikuti oleh pelaku usaha kecil atau usaha mikro yang berpotensi untuk menjadi usaha menengah yang berjumlah 30 orang di wilayah Kabupaten Tojo Una-Una.
 
Dia berharap melalui pelatihan ini, peserta dapat memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memulai dan mengembangkan usaha mereka, menghadapi tantangan bisnis dengan percaya diri, dan menciptakan peluang baru untuk pertumbuhan dan kesuksesan.
 
Dengan demikian, kata dia, pelatihan kewirausahaan tidak hanya menguntungkan individu, tetapi juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.