Zidane: Ronaldo siap hadapi United

id zidane

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane (uefa.com)

Skopje (antarasulteng.com) - Cristiano Ronaldo setajam saat ia mencetak dua gol untuk Real Madrid di final Liga Champions pada Juni dan siap untuk menghadapi Manchester United di Piala Super Eropa, kata pelatih klub Spanyol itu Zinedine Zidane pada Senin.

Ronaldo diizinkan untuk melapor terlambat berlatih pramusim dibanding rekan-rekan setimnya setelah bermain di Piala Konfederasi dengan Portugal dan absen saat tim Liga Spanyol itu melakukan tur ke AS, dan justru pergi melakukan tur promosi ke Asia.

Ia kembali berlatih penuh untuk pertama kalinya pada Sabtu.

Pemain 32 tahun itu belum bermain untuk Real sejak mereka menang 4-1 atas Juventus pada final Liga Champions di Cardiff, setelah itu terdapat laporan-laporan yang muncul di Portugal bahwa ia ingin meninggalkan Real setelah dituding melakukan penggelapan pajak oleh otoritas-otoritas pajak Spanyol.

Ronaldo, yang membantah dirinya melakukan pelanggaran apapun melalui pernyataan yang dirilis oleh agensinya Gestifute pada bulan lalu, belum pernah mengeluarkan pernyataan publik menyusul laporan awalnya di surat kabar Portugal Record meski media Spanyol mengatakan ia bertahan di Real.

Ronaldo diperkirakan akan bertahan di Real setelah telat bergabung dengan skuad namun Zidane, yang pada Selasa akan mengincar trofi keenamnya sebagai pelatih Real, mengatakan sang penyerang tajam Portugal itu memiliki semua peluang untuk bermain melawan bekas klubnya United.

"Apa yang paling memukau saya adalah bahwa ia berada dalam kondisi yang sama seperti saat final (Liga Champions) dan dua bulan lalu, itulah yang paling saya cermati dan apa yang paling ia utamakan," kata Zidane pada konferensi pers pada Senin menjelang pertandingan di Skopje.

"Fakta bahwa ia datang dengan kami di sini bermakna banyak, dan itu berarti ia siap untuk bermain. (Selasa) besok kita akan melihat apakah ia melakukannya. Banyak hal telah terjadi dan ada banyak kebisingan seperti biasa, namun ia tetap tenang."

Ronaldo didatangkan United dari Sporting saat masih berusia 18 tahun setelah tampil gemilang pada pertandingan persahabatan pramusim dan tumbuh menjadi bintang global di Old Trafford, memenangi Ballon dOr untuk pertama kalinya pada 2008 dan mengoleksi tiga gelar Liga Inggris dan satu Liga Champions.

Ia meninggalkan United untuk bergabung ke Real dengan nilai transfer yang menjadi rekor dunia saat itu, 80 juta pound pada 2009, dan telah memenangi tiga trofi Liga Champions dan dua gelar Liga Spanyol di ibukota serta menjadi pemain tersubur sepanjang masa pada 2015.

"Ia adalah pemain yang sangat penting untuk skuad kami dan, terlepas dari berapa hari ia menghabiskan latihan, penting bahwa ia bepergian bersama kami karena ia memiliki peran penting," kata kapten Real Sergio Ramos.

"Bahkan meski ia tidak bermain, kehadirannya penting," kata Ramos, dikutip Reuters.

(H-RF)

Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar