Gubernur ajak para pihak bersama bangun Sulteng

id Expo

Gubernur ajak para pihak bersama bangun Sulteng

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (Foto:ANTARA SULTENG/Ridwan)

Sulteng Expo 2018 menjadi istimewa, karena ini merupakan expo yang ke-VI
Palu,  (Antaranews Sulteng) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengajak para pihak dan seluruh masyarakat di provinsi tersebut untuk bersama-sama membangun daerah itu.

Ajakan itu disampaikan Longki Djanggola saat menyampikan sambutan dan membuka Sulteng Expo 2018 yang berlangsung di Sirkuit Panggona Jalan Soekarno Hatta, di Kota Palu, Jumat 13/4 malam.

"Sulteng Expo 2018 menjadi istimewa, karena ini merupakan expo yang ke-VI," kata Longki Djanggola.

Longki menyatakan bahwa Sulteng Expo menjadi salah satu etalase yang diharapkan memberikan dampk positif terhadap investasi sehingga berdampak peningkatan ekonomi.

Karen itu, sebut dia, Expo dapat memberikan dampak sinergitas yang baik terhadap upaya pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya saing.

Sulteng Expo 2018 mengangkat tema Akselerasi investasi guna mendorong pemerataan pembangunan. Gubernur berharap tema tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap upaya pemerataan pembangunan dengan memaksimalkan investasi.

"Pemerintah pusat mengharapkan pemda untuk meningkatkan investasi karena investasi kunci meningkatkan pembangunan daerah," sebut Longki Djanggola.

Ia mengemukakan kabupaten/kota harus untuk memacu investasi di segala sektor untuk peningkatan ekonomi dengan memberikan kemudahan investasi.

Investasi di Sulawesi Tengah berada di atas rata-rata nasional. Pada tahun 2016 investasi di Sulteng di terealisasi dengan Rp 23 triliun, jauh diatas target target senilai Rp.14 triliun

Kemudian tahun 2017 nilai realisasi investasi di Sulteng mencapai 22,5 triliun, meningkat dari target senilai Rp 21 triliun.

Realisasi investasi tersebut, merupakan akumulasi dari keseluruhan investasi dari sektor pertambangan, perkebunan dan pertanian serta sektor jasa.

Ia mengaku bahwa pertumbuhan investasi tersebut memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi Sulteng sebesar 7,14 persen.