Harga cabai rawit merah di Parigi masih tinggi

id cabe

Harga cabai rawit merah di Parigi masih tinggi

Penjual cabe di pasar (Foto antara/dok)

...permintaan konsumen cukup tinggi karena menjadi kebutuhan sehari-hari ibu rumah tangga sebagai bumbu dapur
Parigi,  (Antaranews Sulteng) - Harga cabai rawit merah di pasaran Kota Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, yang mengalami kenaikan cukup tinggi sepekan terakhir hingga kini belum juga turun akibatnya kekurangan stok.

Kepala Bidang Pengawasan Barang dan Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Parigi Moutong I Gede W Sudarta di Parigi, Senin mengatakan, masih tingginya harga cabai rawit di kabupaten itu dipicu kurangnya stok di tingkat petani, sehingga pedagang menaikkan harga.

"Sementara permintaan konsumen cukup tinggi karena menjadi kebutuhan sehari-hari ibu rumah tangga sebagai bumbu dapur," kata Gede menanggapi lonjakan harga cabai.

Dua pasar tradisional yang menjadi acuan pemantauan terjadi selisih harga, di pasar sentarl Parigi misalnya, pedagang menjual cabai rawit merah dengan harga Rp 30.000/kilogram sedangkan di pasar tradisional Desa Tolai dijual dengan harga Rp50.000/kilogram.

"Sehingga dari pemantauan kami, harga dirata-ratakan menjadi Rp40.000/kilogram, harga ini masih bertahan seperti harga sebelumnya," ungkap Gede.

Sebelumnya harga cabai rawit hijau di kabupaten itu melonjak tajam hingga Rp52.500/kilogram, kemudian turun lagi di harga Rp45.000/kilogram padahal harga normalnya di pasaran hanya Rp25.000/kilogram.

"Harga cabai rawit hijau mulai turun tetapi belum stabil masih berada harga Rp37.500/kilogram sama dengan harga cabai merah biasa," ujarnya.

Ia menilai lonjakan terjadi karena cuaca yang tidak bersahabat, sehingga ketika panen produksi cabai di tingkat petani tidak maksimal.

"Musim hujan sangat mengganggu pertumbuhan tanaman cabai, akibatnya petani tidak mampu berproduksi banyak sehingga terjadi fluktuasi harga," tutur Gede.

Sedangkan Cabai merah keriting harga sebelumnya Rp27.000/kilogram kini kembali normal diharga Rp20.000/kilogram.

Ia menambahkan masih tingginya harga cabai rawit dipasaran, diharapkan segera kembali norman.

Sementara, harga bahan pokok lainnya seperti daging sapi murni, ayam, minyak goreng dan beras tidak menunjukan pergerakan harga, demikian pula bawang merah dan bawang putih.
 
Baca juga: HARGA CABAI RAWIT DI PARIGI MELONJAK TAJAM