Wah, Surat Asmara Mick Jagger Dilelang

id Mick jagger, surat cinta

Wah, Surat Asmara Mick Jagger Dilelang

Mick Jagger (REUTERS/Lucy Nicholson)

Jakarta (antarasulteng.com) - Serangkaian surat cinta yang ditulis Jagger untuk kekasihnya, penyanyi Amerika Marsha Hunt akan dilelang.

Surat yang disebut "indah dan puitis" itu ditulis pada musim panas 1969, ketika vokalis Rolling Stones itu berada di Australia. Dalam surat itu, ada lirik lagu yang berkaitan dengan pendaratan pertama di bulan.

"Surat ini ditulis dengan indah dan puitis, ditulis dari hati saat revolusi budaya dan sosial tahun 1969, surat ini merekam momen bersejarah itu," kata Dr. Gabriel Heaton, pakar buku dari rumah lelang Sotheby's.

"Di sini, kita melihat Mick Jagger bukan sebagai bintang kelas dunia, tapi laki-laki puitis dan sadar diri berusia 25 tahun, dengan pengetahuan yang luas dan ketertarikan pada seni."

Surat itu ditulis Jagger ketika berada di Australia untuk pembuatan film "Ned Kelly".

"Ketika sejarawan akhirnya meneliti bagaimana dan mengapa sekumpulan band pria dari Inggris berpengaruh pada kebudayaan dan politik internasional, koleksi tulisan tangan Mick Jagger ini akan menjadi suatu pencerahan," kata Hunt dalam pernyataan, seperti yang dikutip dari BBC.

"Surat-surat itu dialamatkan pada saya. Saya waktu itu 23 tahun, kelahiran Amerika, sekolah di Berkeley, tinggal di London. Meski dia terkenal dan saya sendiri penyanyi, aktris, model Vogue, dan pemain asli 'Hair', hubungan kami menjadi bagian dari rahasianya Mick selain melihat kematian Brian Jones dan percobaan bunuh diri kekasihnya, Marianne Faithfull."

Penyanyi ini merupakan ibu dari anak pertama Jagger dan inspirasi single Rolling Stones tahun 1971, "Brown Sugar". Kepada The Guardian, Hunt berkata ia perlu dana untuk perbaikan rumahnya di Prancis.

Surat ini akan dilelang Sotheby's di London, 12 Desember. (nta)