Warga Petobo Trauma Berat Pascagempa Disertai Lumpur

id Warga Petobo Trauma Berat Pascagempa Disertai Lumpur

Warga Petobo Trauma Berat Pascagempa Disertai Lumpur

Warga Kelurahan Petobo, Kota Palu, di lokasi pengungsian di Dusun Ranoropa, Desa Loru Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi. (Antaranews Sulteng/Muhammad Hajiji) (Antaranews Sulteng/Muhammad Hajiji/)

Palu,  (Antaranews Gorontalo) - Warga Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengalami trauma yang sangat berat pascagempa disertai lumpur yang menghantam permukiman di kelurahan tersebut.

Pantauan Antara, di Petobos, sejak Kamis pagi, menunjukkan warga belum dapat melakukan rutinitas seperti biasa sebelum gempa disertai lumpur.

Warga masih berada di tenda-tenda pengungsian, di bawah pohon kakao tanpa banyak aktivitas.

Di lokasi pengungsian mereka berupaya mencari keluarga dengan cara saling bertanya mengenai kabar keluarga mereka, kepada orang yang mengenal keluarga mereka.

Selain bertanya, mereka juga saling bercerita peristiwa yang mereka alami pada Jumat (28/9) 2018 petang itu.

Mereka bercerita tentang guncangan, tanah bergeser, tanah patah kemudian berlubang, serta bangunan rumah roboh saat di guncang gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR).

Mereka juga mengisahkan peristiwa lumpur yang menerjang permukiman warga.

Peristiwa-peristiwa itu seakan tertancap dalam benak ingatan warga Petobo yang saat ini tengah berada di lokasi pengungsian.

"Lokasi di sana sudah tidak layak untuk dibangun rumah," ucap Deni warga Petobo korban gempa disertai longsor.

Deni mengaku belum berjumpa dengan sebahagian saudara dan kerabat serta rekan dekatnya.

Bahkan hingga saat ini, ia belum mengetahui atau mendengar kabar dari sebahagian kerabatnya tersebut.

Warga Petobo mengungsi di Dusun Ranoropa Desa Loru, Desa Loru, Desa Pombewe, Desa Ngatabaru, Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi.

Mereka membutuhkan bantuan pemerintah berupa pakaian, makanan, air bersih, obat-obatan serta pembalut bagi perempuan, sarung, dan bantuan kesehatan lainnya.

Kelurahan Petobo menjadi salah satu wilayah terparah saat gempa disertai lumpur menghantam wilayah tersebut.

Banyak korban jiwa yang tertimbun dan hingga saat ini belum semuanya dapat di evakuasi. Hal itu karena lumpur yang tebal dan tinggi mulai mengering.(T.KR-HJJ)