Satgas Yonzipur-8/SMG bantu pemulihan Palu

id yonzipur,smg,gempa,palu

Satgas Yonzipur-8/SMG bantu pemulihan Palu

Arsip Foto, Satgaz Yonzipur 8/Satria Mandra Guna (ANTARA FOTO/Suriani Mappong)

Personel Satgas ini baru tiba di Palu setelah sebelumnya tergabung dalam Satgas PRCPB di Lombok, Nusa Tenggara Barat atau NTB
Palu,  (Antaranews Sulteng) - Sebanyak 200 personel Satuan Tugas Yonzipur-8/SMG dari Makassar ditugaskan ke Palu, Sulteng, untuk membantu pemulihan infrastruktur pascagempa, tsunami serta likuefaksi.

 "Personel Satgas ini baru tiba di Palu setelah sebelumnya tergabung dalam Satgas PRCPB di Lombok, Nusa Tenggara Barat atau NTB," ujar Kapendam XIV Hasanuddin, Kolonel Inf Alamsyah melalui siaran persnya diterima, Jumat.

Personel ini, kata dia, kembali ditugaskan ke Palu dalam rangka mendukung kegiatan evakuasi maupun rekontruksi dan rehabilitasi pasca bencana tiga pekan lalu, 28 September 2018.

 "Dengan kemampuan yang dimilikinya, satuan ini diharapkan dapat mendukung proses percepatan rekonstrusi dan rehabilitasi sarana dan prasarana yang rusak akibat gempa dan tsunami. Apalagi sebelumnya mereka memiliki pengalaman di Lombok," katanya. 

Sebagai prajurit, hal seperti ini sudah biasa, apalagi yang dilakukan semuanya demi kepentingan masyarakat yang tengah dilanda bencana.

Menurut dia, kedatangan satuan ini bergabung dengan SSK Yonzipur-8/SMG yang sebelumnya tiba lebih awal di Palu. Sesuai rencana mereka akan disebar ke beberapa titik, khususnya di daerah yang dianggap membutuhkan penanganan prioritas.

"Mereka nanti diprioritaskan untuk membantu pembangunan rumah hunian sementara atau Huntara bagi pengungsi dan kegiatan pembersihan lainnya," katanya.

Namun saat ditugaskan membersihkan kampus di Universitas Terbuka, tim yang dipimpin Letda Czi Gunawan temukan brangkas berisikan dukumen berharga seperti ijazah dan berkas milik kampus. Sedangkan ?brankas lainnya berisi uang milik bendahara kampus bernama Ani Gobel. 

"Hingga kini, kepemilikan maupun jumlah uang tersebut belum dapat dijelaskan secara rinci. Bagi kami yang paling utama dapat membantu mereka sebaik-baiknya," ujarnya. 

Selain pembersihan dan pembangunan hunian sementara, Satgas Yonzipur-8/SMG ini juga mendapatkan tugas untuk memperbaiki akses jalan poros penghubungan antara Kecamatan Tatanga dengan Kecamatan Jawalise yang terputus karena gempa.