PKPB Palu akan Gabung ke PKB

id PKPB, PKB, politik, gabung

PKPB Palu akan Gabung ke PKB

(antaranews)

Palu (antarasulteng.com) - DPC Partai Karya Peduli Bangsa Kota Palu, Sulawesi Tengah mengincar Partai Kebangkitan Bangsa untuk menjadi wadah berhimpunnya politisi PKPB, setelah partai itu dinyatakan tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2014.

"Ini baru keinginan pribadi saya sebagai pimpinan partai, tetapi saya optimistis teman-teman pengurus PKPB akan ikut ke mana saya bergabung," kata Ketua DPC PKPB Kota Palu Darma Hippy di Palu, Sabtu (19/1).

Sabtu sore, Darma Hippy bertemu dengan Ketua DPC PKB Kota Palu Alimuddin Ali Bau dalam satu tempat untuk membicarakan rencana koalisi PKPB Kota Palu ke PKB tersebut.

Darma mengatakan dirinya baru mau mendalami ideologi PKPB setelah melihat adanya peluang untuk bergabung ke PKB tersebut.

Secara pribadi Darman mengatakan dirinya tertarik bergabung ke PKPB karena dalam struktur PKB terdapat Dewan Syuro yang bisa menjadi pengayom bagi pengurus harian PKB.

"Saya sudah mengenal dekat Ketua DPC PKB Kota Palu dan PKB secara nasional baik di mata saya," katanya.

Dia mengatakan keputusan akan bergabungnya PKPB ke PKB baru bisa ditentukan setelah ada keputusan Mahkamah Agung terhadap gugatan 15 partai politik yang tidak lolos dalam verifikasi faktual.

Darma mengatakan jika nantinya PKPB pusat mengambil keputusan untuk bergabung ke partai lain yang tidak sesuai dengan kenyamanan batin dirinya dan pengurus PKPB yang lain, Darma mengancam akan mundur.

"Tapi lebih bagus lagi kalau nantinya PKPB pusat bergabung ke PKB," katanya.

Darma mengatakan jika nantinya PKPB kota Palu jadi bergabung ke PKB dirinya akan mematuhi segala ketentuan yang berlaku di PKB seperti rekrutmen kepengurusan dan pencalonan anggota DPRD.

"Kami masuk ikut di PKB berarti mengikuti instruksi dari PKB yang ada. Kami ikut sistem dalam PKB," katanya.

Dia mengatakan PKB Kota Palu yang pada Pemilu 2009 tidak memiliki kursi, dirinya yakin dengan bergabungnya personil PKPB dan simpatisannya ke PKB bisa meraih kursi yang lebih banyak.

PKPB Kota Palu saat ini memiliki dua kursi di DPRD Kota Palu.

Sementara itu Ketua PKB Kota Palu Alimuddin Ali Bau mengatakan PKB tidak akan menyia-nyiakan niat baik para personil PKPB yang ingin bergabung ke PKB.

"Kami akan akomodir dalam kepengurusan dan calon legislatif," katanya.

Hanya saja kata Alimuddin soal porsi dalam komposisi kepengurusan dan calon legislatif belum bisa ditentukan karena Partai Damai Sejahtera (PDS) juga ingin bergabung ke PKB.

PDS di tingkat provinsi sendiri saat ini sudah melakukan konsolidasi untuk bergabung ke PKB, namun belum ada keputusan final karena menunggu putusan Mahkamah Agung atas gugatan sejumlah partai politik yang tidak lolos verifikasi faktual. (A055)