Indonesia - Belanda tingkatkan kompetensi SDM pariwisata

id Poltekpar Makassar,Breda University of Applied Science Belanda,sdm pariwisata,kemenpar

Plt. Direktur Poltekpar Makassar Drs. Muhammad Arifin menandatangani nota kesepahaman bersama dengan Dr. Elisabeth Minnemann, President of the Executive Board Breda University of Applied Science di Kota Breda, Belanda, pada 4 Juli 2019. (Dok. Poltekpar Makassar)

Jakarta (ANTARA) - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar gandeng Breda University of Applied Science Belanda untuk bekerja sama meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM pariwisata Indonesia terutama para dosen dan mahasiswa.

Plt. Direktur Poltekpar Makassar Drs. Muhammad Arifin di Jakarta, Minggu, mengatakan pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman bersama dengan Dr. Elisabeth Minnemann, President of the Executive Board Breda University of Applied Science di Kota Breda, Belanda, pada 4 Juli 2019.

“Kami sepakat untuk melaksanakan beberapa poin kerja sama di antaranya pengembangan kompetensi dan kualifikasi dosen dan mahasiswa pada jenjang magister of tourism destination,” kata Muhammad Arifin.

Kedua lembaga juga sepakat untuk melaksanakan pelatihan dalam memperkuat peran Poltekpar sebagai Pusat Studi Wisata Bahari (marine tourism), wisata pedesaan, desa wisata, dan riset serta publikasi jurnal internasional.

Ia mengatakan pendatanganan naskah kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut atas kunjungan yang dilakukan bersama Kepala Unit Kerja sama Poltekpar Negeri Makassar Dr. H. Syamsu Rijal, M. Pd. ke Breda University of Applied Science pada November 2018.

Arifin mengapresiasi kerja sama dengan Breda University of Applied Science yang menurutnya merupakan salah satu strategi untuk mewujudkan Poltekpar Makassar sebagai “Worldclass Polytechnic”.

"Breda University of Applied Science memiliki sejumlah program studi yang terkait dengan pariwisata seperti Tourism Management, Leisure & Event Management dan Hotel Management, Tourism Destination Management sehingga saya rasa sangat tepat melakukan kerja sama dengan Breda University of Applied Science,” katanya.

Arifin menjelaskan saat ini sudah 11 mahasiswa dan tiga dosen Breda University of Applied Science yang melakukan kunjungan ke kampus Poltekpar Makassar.

“Pada 2017 kami melakukan kegiatan Joint Lecture dengan Breda University of Applied Science yang difasilitasi oleh Swisscontact sebuah lembaga non profit (NGO) yang selama ini telah bekerja sama dengan Poltekpar Makassar, dari situlah kami tertarik untuk melanjutkan kerja sama secara resmi” katanya.


 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar