Pemprov Sulteng akan siapkan armada mudik gratis Natal-Tahun Baru

id mudik, gratis, pemprov, sulteng

Pemprov Sulteng akan siapkan armada mudik gratis Natal-Tahun Baru

Personel Basarnas sedang memantau arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah 2019 di Pelabuhan penyeberangan Kelurahan Taipa, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Pelabuhan ini menjadi salah satu titik pemantauan arus mudik dan balik di provinsi itu. (ANTARA/HO Dokumentasi Basarnas Palu)

Program ini sudah berjalan empat tahun terakhir ini dan sangatlah membantu masyarakat, terutama kalangan pelajar, mahasiswa dan rakyat kecil
Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan menyiapkan sejumlah armada angkutan penumpang untuk program mudik gratis pada Natal dan Tahun Baru di daerah tersebut.

"Program ini sudah berjalan empat tahun terakhir ini dan sangatlah membantu masyarakat, terutama kalangan pelajar, mahasiswa dan rakyat kecil," kata Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan, dan Perkeretaapian Disbub Sulteng, Sumarno di Palu, Kamis.

Sumarno menjelaskan bahwa program tersebut sebagai wujud nyata kepedulian pemerintah daerah untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat yang akan merayakan natal dan Tahun Baru di kampung halamannya.

Program mudik gratis yang disediakan oleh Pemprov Sulteng hanya berlaku dalam wilayah Sulteng. Rute-rute perjalanan angkutan mudik, semuanya dalam wilayah Provinsi Sulteng.

Hal itu serupa dengan program mudik gratis Lebaran 2019 yang hanya melayani beberapa kota di dalam wilayah Sulteng yakni Palu-Poso, Palu-Morowali, Palu-Luwuk, Palu-Tolitoli, Palu-Ampana.

Rute angkutan mudik gratis Natal dan Tahun Baru kali ini juga sama dengan mudik-mudik sebelumnya.

Saat ini, kata dia, jajaran Dinas Perhubungan sebagai penyelenggara program mudik gratis di Provinsi Sulteng sedang melakukan koordinasi dengan pihak DPD Organda dan juda para pengusaha angkutan penumpang yang ada di daerah itu.

"Kita tetap koordinasi terlebih dahulu dengan perusahaan otobis (PO) angkutan kota antarprovinsi dan angkutan kota dalam provinsi (AKAP/AKDP) menyangkut kesediaan armada untuk mendukung program mudik gratis di Sulteng," kata Sumarno.

Dalam beberapa kali pelaksanaan mudik gratis, para pemilik PO di daerah ini sangat mendukungnya."Memang pemudik sama sekali tidak membayar tiket karena ditanggung oleh pemerintah daerah," ujarnya.

Pada mudik gratis Lebaran 2019, Pemprov Sulteng menyiapkan sebanyak 500 kursi, namun realisasinya melebihi itu.

Mengenai ketersediaan alat transportasi mudik menggunakan jasa transportasi darat, Sumarno menjamin hingga kini armada angkutan umum di Sulteng masih memadai jumlahnya.