Kapolri kukuhkan perubahan tipe Polda Sulawesi Tengah

id Kapolri, bakal, kokohkan

Kapolri kukuhkan perubahan tipe Polda Sulawesi Tengah

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Idham Azis, kanan saat memimpin upacara pengkukuhkan perubahan tipe Polda Sulawesi Tengah dari B menjadi tipe A, Jumat (15/11).(ANTARA/Sulapto Sali)

Palu (ANTARA) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Idham Azis dijadwal Jumat (15/11), bakal mengkukuhkan perubahan tipe Polda Sulawesi Tengah dari B menjadi tipe A.

"Insya Allah besok (Jumat 15/11) ada kunjungan bapak Kapolri untuk pengukuhan perubahan tipe Polda Sulawesi Tengah, dari tipe B menjadi tipe A," kata Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, usai menghadiri HUT Brimob, di Mako Brimob Polda Sulteng, di Palu, Kamis.

Kapolda katakan, untuk perubahan tipe ini secara kelembagaan tugas akan semakin berat, tetapi esensinya pelayanan kepada masyarakat wilayah Sulawesi Tengah menjadi lebih baik.

"Perubahan dari tipe B menjadi tipe A pasti ada perubahan struktur, tahun depan Polres Morowali, lanjut ke Polres Banggai Laut, serta polsek-polsek. Proritas dari bapak Kapolri mendeteksi dan melayani masyarakat," katanya.

Dalam menyambut kedatangan orang nomor satu di jajaran Polri ini, Kepolisian Polda Sulteng meningkatkan pengamanan, mengingat belum lama ini telah terjadi aksi bom bunuh diri terhadap institusi Polri di Sumatra Utara.

"Antisipasi pasti ada, secara prepensi kita dari intelejen, Densus termasuk Brimob sendiri intelmob sudah melaksanakan operasi silant menyangkut situasi seperti ada kejadian di Sumut, di Poltabes Medan," kata Kapolda.

Kapolda jelaskan, kejadian tersebut tidak disangka, namun memakai modus tersendiri memasuki mako Kepolisian kemudian meledakkan diri.

Namun Kapolda optimis, bahwa Sulawesi Tengah akan selalu aman dan kondusif berkat kerjasama dari tokoh agama, masyarakat dan semua pihak.

"Kalau pengamanan seperti biasa, hanya ditingkatkan kegiatan kepolisian, dan ada arahan-arahan khusus dari pimpinan untuk bagaimana secara preventif kita bisa mengendalikan situasi wilayah," katanya.

"Kita berharap keadaan kondusif dan menjadi suatu prioritas untuk memilihara situasi kamtibmas di wilayah Sulteng," harap Kapolda.***
Pewarta :
Editor : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar