Rachmat Gobel : Pembangunan harus punya tujuan agar tepat sasaran

id Wakil Ketua DPR RI

Rachmat Gobel : Pembangunan harus punya tujuan agar tepat sasaran

Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel menerima proposal usulan pembangunan infrastruktur di Gorontalo Utara, yang diserahkan Bupati Indra Yasin, pada agenda diskusi bersama masyarakat di daerah itu. (ANTARA/Susanti Sako)

Gorontalo (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, mengungkapkan jika dalam membangun harus mempunyai tujuan agar tepat sasaran dan objek yang dibangun dapat terurus.

"Membangun infrastruktur pun perlu ada kontribusi bisnis, agar tidak sekedar membangun tapi harus memiliki visi, seperti yang direncanakan dalam membangun kawasan Pontolo Indah, di pintu masuk Kabupaten Gorontalo Utara, namun semuanya berproses alias tidak langsung jadi apalagi memberi harapan palsu," ungkapnya, pada diskusi bersama masyarakat Gorontalo Utara, di kawasan puncak Pontolo Indah, Kecamatan Kwandang, dihadiri Bupati Indra Yasin dan jajarannya, serta ratusan masyarakat daerah itu, Minggu.

Menanggapi permintaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terkait beberapa infrastruktur yang sangat perlu dibangun di daerah itu, Rachmat meyakinkan jika dirinya pun telah membuat "roadmap" percepatan pembangunan di Provinsi Gorontalo, termasuk di Gorontalo Utara.

Hal itu penting kata politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu, sebab merencanakan sesuatu harus memiliki tujuan (goal), agar mudah dibicarakan di tingkat pusat.

Ia berharap, Pemkab
dalam membangun infrastruktur di daerah tidak hanya sekedar membangun, yang penting ada bangunannya, apalagi sekedar ada proyeknya, namun harus ada tantangan yang besar untuk diwariskan ke anak cucu.

"Membangun infrastruktur harus memberi masa depan dan prospek terbaik, agar saat Indonesia berusia 100 tahun nanti, sudah benar-benar menjadi bangsa yang kuat sumber daya manusianya dan tangguh serta kuat ekonominya," ungkap Rachmat.

Ia berharap, masyarakat Gorontalo mampu memanfaatkan keberadaannya sebagai wakil rakyat di Senayan, melalui kerja-kerja bersama khususnya dalam mengentaskan kemiskinan.
Gorontalo, harus mampu menjadi lima besar daerah termakmur di Indonesia, maka pemerintahan yang ada di provinsi ini harus kompak, termasuk para anggota DPR dan DPD-nya.

Kekompakan itu diperlukan untuk membangun pondasi yang kuat demi pembangunan berkelanjutan, termasuk mampu menyerahkan tongkat estafet kepada sumber-sumber daya manusia unggul yang ada di daerah ini.

Pada kesempatan itu, Bupati Indra Yasin, memanfaatkan momen menyerahkan proposal melalui Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, untuk diperjuangkan di tingkat pusat, khususnya pembangunan infrastruktur yang tidak dimampui melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Baca juga: Rachmat Gobel ajak Mentan ke Gorontalo bahas pupuk
Baca juga: Rachmat Gobel ajak Keidanren Jepang untuk tingkatkan investasi di Indonesia


Seperti, penyelesaian pembangunan jalan by pass Molingkapoto-Moluo di Kecamatan Kwandang sepanjang 9 kilometer, yang masih perlu membangun empat unit jembatan untuk optimalisasi pemanfaatan jalan tersebut.

Serta keinginan membangun jalan penghubung antara wilayah Kepulauan Ponelo dengan wilayah daratan di Kecamatan Kwandang.

"Jika dihitung total dengan daratan, sekitar 1 kilometer panjang jembatan dan jalan untuk mewujudkan aspirasi masyarakat Kecamatan Ponelo Kepulauan, serta berharap jembatan itu menjadi ikon daerah ini," ujar Bupati Indra.

Proposal tersebut juga memuat rencana pembangunan jalan penghubung dari Pelabuhan Anggrek menuju Pelabuhan Kwandang, yang dinilai strategis untuk mewujudkan perekonomian makro daerah itu.

Ditambah keinginan dan harapan terwujudnya fasilitas stadion olah raga (GOR) yang memadai dalam upaya mencetak atlet-atlet berprestasi dari daerah itu.
 
Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel pada agenda diskusi bersama masyarakat Gorontalo Utara, di kawasan puncak Pontolo Indah, Kecamatan Kwandang. (ANTARA/Susanti Sako)