Polda dan IOF tanam ratusan bibit pohon eboni di Palu

id Pasigala ,Sulteng ,Palu ,Sandi

Polda dan IOF tanam ratusan bibit pohon eboni di Palu

Kapolda Sulteng Irjen Pol Syafril Nursal saat menanam bibit pohon Eboni di area jalan M. Yamin, Kota Palu, didampingi Dirlantas Polda Sulteng Kombes Pol Imam Setiawan, bertopi di belakang, Sabtu (15/2/2020).ANTARA/Sulapto Sali

Palu (ANTARA) - Polda Sulawesi Tengah bersama Indonesia Offroad Federation (IOF) menanam ratusan bibit pohon eboni di sepanjang ruas jalan Muh. Yamin, Kota Palu, Sabtu.



Kapolda Sulteng Irjen Pol. Syafril Nursal mengatakan, bibit pohon eboni dipilih karena merupakan salah satu ikon Sulteng yang harus dilestarikan.



"Dimana Eboni itu jenis kayu yang tidak tumbuh di tempat lain, kecuali di Sulawesi dan mempunyai kualitas yang tinggi, baik kekerasannya maupun warnanya," kata Kapolda di sela-sela penanaman pohon tersebut.



Pohon eboni, lanjutnya, juga bisa bermanfaat untuk menghijaukan kota dan kayunya dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan tangan dengan kualitas tinggi.



"Kayu Eboni ini juga kalau dijual harga cukup tinggi, dan dari postur batangnya kokoh, kuat dan akarnya kuat dan daunnya indah, yang bisa memberi perlindungan," katanya.



Sayangnya, kata Kapolda dari pohon-pohon yang berdiri kokoh saat ini, jarang sekali ditemukan pohon ikon Sulawesi Tengah tersebut.



"Sangat sayang, kita melihat banyak pohon, tetapi kita tidak melihat ada pohon Eboni ini, padahal ini adalah daerah Eboni," ujarnya.



Juga kata Kapolda, penanam pohon Eboni tersebut sebagai langkah nyata menjalankan kebijakan Kapolri, Idham Azis dalam rangka kepolisian ikut memelihara lingkungan.



Dalam kesempatan tersebut, Kapolda meminta kepada pihak terkait, khususnya pencinta otomotif untuk bersama-sama memelihara bibit pohon Eboni yang sudah ditanam tersebut.



"Karena itu tadi saya meminta bukan hanya menanam namun juga memeliharanya, tidak usah malu-malu dari rumah barangkali bisa menyiapkan air bila lewat pohon yang ditanam bisa berhenti dan menyiramnya, dan saya kira itu juga memberi contoh kepada masyarakat," katanya.



Sementara Dirlantas Polda Sulteng Kombes Pol Imam Setiawan menanmbahkan, penanaman bibit pohon Eboni tersebut baru ditanam 200 bibit dari target 700 bibit yang akan ditanam.



"Untuk tahap pertama ini sekitar 200 lubang dan bibit. Bibit kerjasama dengan Kehutanan karena stok banyak sekali, tetapi karena tidak ada nanam maka saya libatkan teman-teman komunitas otomotif dan dari beberapa dinas lainnya," katanya.