Bupati Poso kunjungi wilayah perbatasan bagikan APD

id poso-covid,poso

Bupati Poso kunjungi wilayah perbatasan bagikan APD

Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu meninjau lokasi perbatasan di wilayah Desa Tambarana Poso Pesisir Utara yang merupakan perbatasan Kabupaten Poso dengan Parimo dan Desa Malei Kecamatan Lage (perbatasan Kabupaten Poso dengan Touna), Senin 30 Maret 2020, masih didampingi oleh Satuan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Poso bersama beberapa anggota DPRD Kabupaten Poso. (Foto Antara/Humas Pemka Poso)

Poso (ANTARA) - Sebagai wujud kepeduliaan dan proteksi serta kecintaan terhadap warga masyarakatnya, tiga titik perbatasan memasuki wilayah Kabupaten Poso dipantau langsung Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang didampingi Ketua DPRD Poso Sesi Mapeda, Kapolres Poso AKBP Darno, Dandim 1307/Poso Catur Sutoyo dan sejumlah Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Poso serta Tim Gugugs Tugas Covid19, Sabtu (28/3).

Pemantauan langsung tersebut untuk memastikan posko perbatasan dapat memaksimalkan fungsinya demi pengendalian covid19 agar tidak merebak di wilayah Kabupaten Poso.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menjelaskan pemantauan tersebut tidak lain sebagai langkah pemerintah untuk melihat langsung kondisi lapangan serta tindak lanjut Gugus Tugas pencegahan pengendalian dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Poso yang dibentuk oleh Pemkab Poso.

“Kehadiran kami di sini, berusaha untuk memberi dukungan moril kepada para tim yang telah melakukan tugas kemanusiann kepada masyarakat,” ujar Darmin.

Dalam kunjungan bersama Forkopimda Kabupaten Poso, Bupati Poso juga membawa beberapa alat pelindung diri (APD) untuk dibagikan ke para petugas yang berada di perbatasan, antara lain masker, pakaian pengaman, alat semprot, antiseptik dan disinfektan serta kebutuhan makanan lainnya.

Tiga titik wilayah perbatasan yang sempat dipantau tersebut, yakni Desa Pancasila Kecamatan Pamona Timur dan Desa Barati Kecamatan Pamona Tenggara yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Morowali Utara serta Wilayah Kecamatan Pamona Selatan (Pendolo) yang merupakan perbatasan Provinsi Sulawesi Tengah dengan Sulawesi Selatan.


                                                                    Upaya Langkah Preventif

Sebelumnya langkah cepat Pemerintah Kabupaten Poso terhadap penanganan dan antisipasi merebaknya virus covid 19 di Poso terus diupayakan melalui rapat yang dipimpin langsung Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 yang berlangsung di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, Kamis (25/3) membahas tentang tugas masing masing bidang terkait fasilitas darurat dan alat pelindung diri (APD).

Dalam Rapat tersebut juga disebutkan hotel wisata dan rumah jabatan Wakil Bupati Poso akan digunakan sebagai ruang perawatan dan isolasi dalam penanganan Covid 19.

Bupati Poso juga mengimbau agar menjaga pintu keluar masuk Kabupaten Poso-Sulawesi Selatan dengan memberikan informasi edukasi kepada masyarakat, dan bekerja sama dengan TNI/POLRI dalam upaya melakukan penyemprotan di kendaraan dan memberikan antiseptik untuk meminimalisir jangan sampai ada penyebaran virus corona, serta mendata dan memeriksa kesehatan secara intensif kepada kendaraan dan penumpang yang memasuki wilayah Poso.

Juru Bicara Tim Gugus Covid 19 Poso, dr Marwan Neno menyebutkan bahwa upaya yang ditempuh Pemkab Poso dengan menjaga lima titik pintu masuk wilayah Poso adalah langkah yang tepat guna memutus mata rantai penyebaran virus pandemic virus corona.

Hadir pada rapat itu yakni Ketua DPRD kab Poso Sesi KD Mapeda SH MH, Wakil Bupati Poso Ir Samsuri MSi, Sekda Kabupaten Poso Yan Edward Guluda SH MH, dan perwakilan TNI/POLRI serta Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Poso.

Tidak hanya menggelar rapat, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu juga pada Jumat (26/3) pagi sekitar pukul 10.00 Wita mengajak karyawan dan karyawati lingkup Pemkab Poso untuk keluar ruangan berjemur sambil menggerakkan badan sebagai salah satu langkah preventif pencegahan virus corona.

Upaya-upaya yang dilakukan Pemda Poso yang dipimpin langsung Bupati Poso itu selama ini merupakan upaya tulus dan ikhlas dari seorang pemimpin yang sangat mencintai warga masyarakatnya dan daerahnya Tanah Poso Sintuwu maroso.
 
Pewarta :
Editor : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar