AS Waspadai Pertempuran Baru Di DR Kongo Timur

id tempur, as, kongo

AS Waspadai Pertempuran Baru Di DR Kongo Timur

ilustrasi

Washington, (Antarasulteng.com) - Amerika Serikat, Sabtu, mengaku khawatir mengenai laporan peningkatan pertempuran antara gerilyawan dan pasukan pemerintah di Republik Demokratik Kongo Timur, meskipun ada seruan internasional agar pihak-pihak yang terlibat menahan diri.

"Kami sangat prihatin dengan laporan penembakan lintas perbatasan," di Kivu Utara, kata Juru Bicara Departemen Luar AS Jen Psaki dalam sebuah pernyataan. Ia mendesak semua pihak "untuk menahan diri dari tindakan yang bisa lebih meningkatkan ketegangan".

Pertempuran terakhir di bagian timur Republik Demokratik Kongo meletus pada Jumat, kurang dari sepekan setelah Kinshasa dan gerilyawan M23 mengumumkan bahwa perundingan perdamaian di Kampala gagal.

Pertempuran lain terjadi pada Sabtu, ketika tentara menyerang posisi M23 di wilayah Mabenga, sekitar 80 kilometer (50 mil) utara Goma dan lebih dekat dengan perbatasan Uganda.

Pernyataan Psaki itu mendesak semua pihak untuk kembali ke meja perundingan "guna mengatasi rintangan yang tersisa untuk penandatanganan kesepakatan perdamaian akhir, yang akan menciptakan  gencatan senjata permanen dan meminta pertanggungjawaban pihak-pihak yang melakukan kejahatan serius".(Antara/AFP)

Penerjemah: Aryani