Bantu pelaku UMKM Palu terdampak COVID-19, BRI luncurkan pasarpalu.com

id Palu,Sulteng,Corona,Sandi,BRI

Bantu pelaku UMKM Palu terdampak COVID-19,  BRI luncurkan pasarpalu.com

Pemimpin Cabang BRI Cabang Palu Ekwan Darmawan (kanan) mengecek kendaraan operasional ojek pasar (opas) yang merupakan kendaraan bagi kurir pasarpalu.com, situs digital gebrakan BRI Cabang Palu untuk memfasilitasi pelaku Menengah (UMKM) Kota Palu memasarkan dagangannya secara fleksibel via dunia maya di halaman Kantor BRI Unit Pasar Inpres Manonda, Senin sore (6/7/2020). (ANTARA/Muhammad Arsyandi) .

Palu (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan situs pasarpalu.com untuk memfasilitasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Palu memasarkan dagangannya secara fleksibel via dunia maya.

"Tujuan kami untuk menghidupkan pelaku UMKM terutama yang terdampak COVID-19 di Palu dan agar pelaku UMKM dapat mengurangi transaksi secara tunai dengan konsumen," kata Pemimpin Cabang (Pincab) BRI Cabang Palu Ekwan Darmawan usai meluncurkan pasarpalu.com di halaman Kantor BRI Unit Pasar Inpres Manonda, Senin sore.

Ia menjelaskan program tersebut murni kegiatan sosial BRI untuk membantu meningkatkan kembali omset para pelaku UMKM di Palu yang turun drastis selama pandemi COVID-19.

pasarpalu.com ,lanjutnya, hanya merupakan wadah untuk mengumpulkan dan menghubungkan para pelaku UMKM dengan konsumen yang ingin berjualan dan berbelanja namun secara tidak langsung untuk menghindari potensi penularan dan penyebaran COVID-19 dari transaksi secara tunai.

"Konsumen yang berbelanja di pasarpalu.com langsung diarahkan ke kontak pelaku UMKM. Nanti konsumen langsung mentransfer uangnya ke nomor rekening pelaku UMKM yang tergabung di pasarpalu.com," ujarnya.

Setelah itu kurir yang dinamai BRI ojek pasar (opas) langsung menjemput barang pesanan ke lapak pelaku UMKM dan mengantarkan ke alamat konsumen.

"Jadi semua kami usahakan serba non tunai. Kendaraan operasional ojek pasar (opas) juga kami lengkapi dengan kotak penyimpanan barang sehingga antara pelaku UMKM, driver dan konsumen sebisa mungkin tidak bersentuhan," ujarnya.

Ia menyebut program itu merupakan yang pertama di Indonesia. Ia berharap program tersebut efektif meningkatkan kembali omset pelaku UMKM dan mengurangi transaksi secara tunai.

Ke depan Ekwan menyatakan BRI Cabang Palu akan menampung sebanyak-banyaknya pelaku UMKM melalui situs tersebut sehingga apapun yang diinginkan konsumen semua ada di sana.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar