Saksi Terima Hasil Rekapitulasi Suara Kota Palu

id rekapitulasi, suara, pemilih

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Seluruh saksi yang hadir dalam pleno rekapitulasi suara Pilpres 2014 tingkat Kota Palu, Rabu, menerima hasil proses tersebut tanpa melayangkan protes.

Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Palu Rusman Ramli yang juga saksi pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menyatakan tidak keberatan dengan hasil tersebut.

Calon anggota DPRD Kota Palu itu hanya melambaikan tangannya saat ditanya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu Marwan P Angku usai rapat pleno penghitungan suara.

Sementara saksi dari pasangan Joko Widodo-M Jusuf Kalla yakni Yopie dan Alimuddin Ali Bau juga tidak menyatakan keberatan atas hasil rekapitulasi penghitungan suara yang berlangsung di Kantor KPU Kota Palu itu.

Alimuddin Ali Bau yang berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga hanya mengacungka dua jari yang berarti dia menyetujui hasil rekapitulasi tersebut.

Sementara itu Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Palu Darmiati juga tidak melakukan protes.

Selama proses rekapitulasi suara dari tingkat tempat pemungutan suara (TPS) hingga ke tingkat kecamatan, Panwaslu Kota Palu selalu mengutus tim untuk memantau proses penghitungan tersebut.

Ketua KPU Kota Palu Marwan P Angku mengatakan selama ini proses rekapitulasi suara berlangsur aman dan lancar.

"Kalaupun ada protes, itu sudah bisa diselesaikan dengan baik," katanya.

Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara itu, pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden RI 2014-2019 Prabowo Subianto-M Hatta Rajasa unggul dengan 90.744 suara dibanding Jokowi-M Jusuf Kalla yang meraih 81.761 suara.

Prabowo-Hatta unggul di enam kecamatan dari delapan kecamatan yang ada di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah ini.

Sementara Jokowi-Jusuf Kalla hanya unggul di dua kecamatan yakni di Kecamatan Palu Selatan dan Kecamatan Palu Barat. (skd)
Pewarta :
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar