Pemprov Sulsel optimalkan BUMDes percepat pemulihan ekonomi

id Pemprov sulsel giatkan BUMDes

Pemprov Sulsel optimalkan BUMDes percepat pemulihan ekonomi

Kepala Balitbangda Sulsel Junaedi.ANTARA/HO

Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan berencana mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi di daerah itu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Junaedi di Makassar, Minggu, mengatakan BUMDes ini diharapkan menjadi penopang ekonomi supaya perekonomian kita terkontruksi dari desa.

"Kita bangun BUMDes dengan pola kemitraan.Jadi bukan intervensi APBD namun ini adalah membangun jaringan dengan lembaga perbankan yang ada," katanya.

"Kemudian pemerintah daerah dan Pemprov hadir untuk menguatkan kapasitas manajemen SDM," lanjut dia.

Dalam mendorong penguatan BUMDes, kata dia, Pemprov bencana membuat kompetisi antar BUMDes se- Sulsel yang fokus melihat upaya menyusun rencana bisnis masing-masing BUMDes.

Untuk selanjutnya duduk bersama dengan bank-bank pemerintah untuk memfasilitasi pemberian bantuan atau penguatan modal bagi bumdes yang ada.

Pemrov tentunya juga akan tetap memberikan stimulus dari APBD, namun masih merancang seperti apa stimulus yang disiapkan.

Ia mengatakan, dalam konsep ini sesuai petunjuk Gubernur adalah memberikan bantuan-bantuan peralatan bagi BUMDes demi meningkatkan usahanya.

"Untuk bentuk stimulus yang akan kita berikan nanti, masih kita rancang agar lebih efektif," ujar Junaedi.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar