Wakapolda Sulteng pantau pelaksanaan pilkada di Palu

id Pengamanan, pilkada, sulteng

Wakapolda Sulteng  pantau pelaksanaan pilkada di Palu

Waka Polda Sulteng Brigjen Pol Hery Santoso saat memantau salah satu TPS pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak 9 Desember 2020 di wilayah Kota Palu, Rabu (9/12/2020).(ANTARA/HO-Humas Polda).

Palu, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Brigjen Pol Hery Santoso turun memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di wilayah Kota Palu.

"Jadi untuk pemungutan dan penghitungan suara, petugas melaksanakan PAM TPS, ada juga petugas yang melakukan patroli menjamin keamanan pelaksanaan pilkada," kata Hery Santoso di Palu, Rabu.

Ia menegaskan patroli dan pengamanan dilakukan untuk menjamin warga masyarakat yang punya hak pilih bisa melakukan haknya dengan aman dan lancar.

"Dari pagi sampai saat ini wilayah Sulawesi Tengah dalam keadaan kondusif, dan kita tetap melakukan pengamanan proses pilkada ini agar bisa berjalan dengan lancar," ujarnya.

"Kami dari Polri fokus pada aspek pengamanan saja, kalau toh nanti ada penghitungan secara mandiri tentunya itu hanya sebagai pembanding yang dipakai tetap dari petugas KPU," sambungnya.

Ia kembali menegaskan polisi akan tetap melakukan pengamanan pilkada sesuai dengan tahapannya.

“Yang jelas kami melakukan tindakan pengamanan agar proses pilkada berjalan sebagaimana mestinya tanpa ada intimidasi dari pihak mana pun," jelasnya.

Ia juga menghimbau kepada semua pihak dan masyarakat untuk bisa menerima hasil pilkada yang sudah dilaksanakan.

"Seandainya nanti bila ada ketidakpuasaan ada mekanisme sendiri sesuai aturan hukum yang berlaku yang bisa disalurkan lewat situ," tandasnya.

"Kami juga menghimbau baik yang menang maupun kalah tidak melakukan hal yang berlebihan, karena sekarang dalam masa pandemi yang membatasi kerumunan, jaga jarak sehingga tidak menjadi kluster baru penularan COVID-19," tegasnya.

Wakapolda Sulteng melakukan pemantauan sejumlah TPS terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, diantaranya TPS 08, TPS 07, wilayah Palu Timur dan TPS 06, wilayah Palu Barat.