WVI fasilitasi kerjasama pelatihan manajemen kandang ternak ayam di Palu

id Wvi, dampingi, peternak

WVI fasilitasi kerjasama pelatihan manajemen kandang ternak ayam di Palu

Yayasan Wahana Visi Indonesia (WVI) bersama Royal DSM Indonesia saat memfasilitasi proses kerjasama  (MoU) secara virtual antara Koperasi Saudara Unggas Mandiri dan kelompok peternakan didampingi WVI dengan PT. Cargill di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (21/12/2020).(ANTARA/tangkapan layar).

kelompok peternak akan berkontribusi dalam penyediaan tempat belajar di kandang percontohan yang dibangun oleh peternak dan WV
Palu (ANTARA) - Yayasan Wahana Visi Indonesia (WVI) bersama Royal DSM Indonesia memfasilitasi proses penandatanganan nota kesepahaman (MoU) secara virtual antara Koperasi Saudara Unggas Mandiri dan kelompok peternakan yang didampingi WVI dengan PT. Cargill di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Sulawesi Tengah.  

“Sebagai Yayasan kemanusiaan kami tidak bisa bekerja sendiri, kami selalu bermitra dengan organisasi lokal dan nasional bahkan internasional untuk mendukung perubahan yang berkalanjutan bagi kelompok yang paling rentan,” kata Radika Pinto, Zonal Manager WVI Area Sulawesi dan Maluku, di Palu, Senin.

Ia mengatakan keinginan dan kegigihan para peternak untuk meningkatkan kemampuan dan memperluas usahanya serta kesediaan dari PT. Cargill untuk berkontribusi dalam pendampingan kepada peternak. 

“Melalui penandatangan MoU ini, saya berharap kedua belah pihak bisa bersama-sama bekerja sama dalam membangun bangsa, khususnya bagi kelompok rentan,” ujarnya.

Ia mengatakan kedua belah pihak sepakat untuk bekerjasama dalam pengembangan kapasitas peternak yang ada di Kota Palu. 

Ia menjelaskan PT. Cargill yang memiliki kemampuan teknis dalam pengembangan usaha peternakan ayam petelur akan memfasilitasi setiap acara pelatihan. 

“Sementara itu, kelompok peternak akan berkontribusi dalam penyediaan tempat belajar di kandang percontohan yang dibangun oleh peternak dan WVI,” katanya.  

Ketua Koperasi Saudara Unggas Mandiri, Rustam, mengungkapkan bahwa kelompok peternak sangat terbantu dengan adanya pendampingan yang dilakukan oleh Wahana Visi Indonesia melalui Project Eggciting.

“Karena bisa membangun kapasitas peternak dan membangun kemitraan dengan berbagai pihak yang bekerja di sektor peternakan ayam petelur, kami bisa berkembang dari perorangan, berkelompok hingga membentuk koperasi yang memiliki kekuatan untuk mengakses pasar yang lebih baik dan luas, bahkan bisa berkontribusi dalam pemenuhan gizi bangsa khususnya dalam hal penyediaan sumber protein yang bersumber dari hewan,” ungkapnya.

Sudarno selaku Comercial Leader PT. Cargill mengapresiasi kerjasama yang telah dibangun dan berharap bisa mendorong pengembangan usaha peternak yang ada di Kota Palu, khususnya anggota Koperasi Saudara Unggas Mandiri.

Hal yang sama disampaikan Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu, Juliana Nema, mengapresiasi kerjasama tersebut. 

“Terima kasih WVI dan para mitra lainnya, sehingga proses kerja sama ini berlanjut melalui kandang percontohan yang bisa diakses oleh  peternak lain atau bagi para mahasiswa yang ingin belajar tentang peternakan ayam petelur,” katanya. 

“Kami dari pemerintah terus mendukung upaya ini dengan rekomendasi pemanfaatan kandang percontohan, juga memfasilitasi para peternak dalam membentuk koperasi dan bermitra dengan pengusaha yang bisa membantu pemasaran produk,” tandasnya.