Penjualan Komputer Lesu Awal 2015

id komputer

Penjualan Komputer Lesu Awal 2015

Ilustrasi (ANTARA News/M. Baghendra Lodra)

Jakarta (antarasulteng.com) - Pejabat sementara Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), Rudi Rusdiah, mengatakan penjualan komputer lesu pada awal 2015.

"Penjualan komputer mulai lesu pada awal 2015. Masyarakat beralih ke ponsel pintar," ujar dia, di sela-sela acara Musyawarah Luar Biasa Apkomindo, di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan penjualan komputer sejak beberapa tahun terakhir, tidak terlalu besar kenaikannya. "Boleh dibilang masa kejayaannya sudah berkurang," tambah dia.

Hal itu dikarenakan masyarakat lebih senang membeli ponsel pintar maupun tablet.

"Sekarang penjualan komputer lebih banyak untur server maupun usaha. Tidak seperti dulu lagi, yang mana setiap rumah punya komputer." Sebagian besar pembeli dari komputer juga dari perusahaan bukan dari perorangan.

Penjualan komputer turun 34 persen sejak dua tahun terakhir. Kondisi itu berbeda dengan penjualan ponsel cerdas yang meningkat pesat yakni naik 59 persen.

"Lesunya penjualannya komputer pada awal tahun ini juga disebabkan penguatan dolar Amerika Serikat terhadap rupiah. Kenaikan dolar ini mengganggu penjualan komputer," jelas dia.

Ke depan, dia juga berharap pemerintah harus bisa menstabilkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Juga, pemberlakuan pajak yang seharusnya lebih selektif.(skd)