China dukung para pemimpin di ASEAN gelar pertemuan khusus terkait Myanmar

id pertemuan Menlu ASEAN-Menlu China,pertemuan Menlu RI dan Menlu China,kerja sama ASEAN-China,krisis Myanmar,China soal My

China dukung para pemimpin di ASEAN gelar pertemuan khusus terkait Myanmar

Menteri Luar Negeri China sekaligus anggota Dewan Negara Wang Yi memberi keterangan kepada pers secara daring di Media Center China di Beijing, Minggu (7/3/2021). (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

Myanmar merupakan anggota keluarga ASEAN dan tetangga dekat China. Kami semua berharap beberapa pihak berbeda di Myanmar dapat memulai dialog sesegera mungkin demi kepentingan jangka panjang negara itu dalam mengatasi perbedaan sesuai undang-undang y
Beijing (ANTARA) - Pemerintah China mendukung para pemimpin pemerintahan anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) menggelar pertemuan khusus sesegera mungkin terkait kerusuhan di Myanmar.

"Myanmar merupakan anggota keluarga ASEAN dan tetangga dekat China. Kami semua berharap beberapa pihak berbeda di Myanmar dapat memulai dialog sesegera mungkin demi kepentingan jangka panjang negara itu dalam mengatasi perbedaan sesuai undang-undang yang berlaku dan mendukung demokratisasi," kata Menteri Luar Negeri China Wang Yi setelah bertemu Menlu Malaysia Hishamuddin Hussein di Kota Nanping, Provinsi Fujian, Kamis (1/4).

"Kami semua percaya komunitas internasional akan menciptakan iklim yang bagus bagi situasi politik dalam negeri Myanmar sesuai dengan prinsip non-intervensi," ujarnya.

Pertemuan kedua menlu tersebut juga membicarakan agenda pascapandemi dan isu-isu lain, seperti vaksin dan perdagangan.

China dan Malaysia juga telah mencapai kesepakatan bersama dalam memelihara perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan.

Kedua negara sama-sama terlibat sengketa wilayah Laut China Selatan di samping Brunei Darussalam, Filipina, Vietnam, dan Taiwan.

Seperti diberitakan ANTARA Beijing sebelumnya, Menlu Wang Yi --yang juga anggota Dewan Negara China-- bertemu empat menlu negara anggota ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina di Provinsi Fujian pada 31 Maret-2 April 2021.

Pertemuan bilateral Indonesia dengan China dijadwalkan digelar pada Jumat di Kota Wuyishan, Provinsi Fujian.  
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar