Pembangunan Tol Manado-Bitung Selesai Tiga Tahu

id jalan, tol

Pembangunan Tol Manado-Bitung Selesai Tiga Tahu

Illustrasi (ANTARANews)

Pemerintah daerah diharapkan segera menuntaskan masalah pembebasan lahan hingga bulan Juli 2015
Manado, (antarasulteng.com) - Pembangunan tol Manado-Bitung di Provinsi Sulawesi Utara ditargetkan selesai dalam tiga tahun, kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil.

"Pemerintah daerah diharapkan segera menuntaskan masalah pembebasan lahan hingga bulan Juli 2015," kata menteri di Manado, Minggu.

Menteri mengatakan bila dalam proses penyelesaian jalan tol ini ada permasalahan yang ditemukan, maka harus segera diselesaikan sehingga tidak mengganggu jadwal pembangunannya.

"Karena alasan inilah sehingga saya bersama Gubernur Sulut menggelar rapat koordinasi di sini (Manado-red) untuk menyelesaikan  masalah yang ada. Alhamdulilah dalam rakor ini kami berhasil menyepakati poin-poin yang menjadi masalah dalam penyelesaian jalan tol ini," kata menteri.

Beberapa hasil yang dicapai dalam rakor segmen stasiun (sta) 0+900 sampai dengan 14+000 antara lain, dana untuk pembebasan dari APBN 2015 sudah ada sesuai kebutuhan dan menjadi penanggung jawab Direktur Bintek dan Direktur Bina Marga Kementerian PU dan PR.

Selanjutnya, paling lambat Agustus 2015 lahan sudah tuntas 100 persen dengan penanggung jawab pelaksana pejabat penanggung jawab kegiatan pembebasan lahan dan panitia pengadaan tanah). Sementara dana operasional pengukuran tanah disediakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui satker pengadaan tanah.

Selain itu, dana APBD 2015 sebesar Rp7 miliar untuk sta 0+900 sampai dengan 7+000 harus dituntaskan akhir Juni 2015 dengan penanggung jawab Kepala Dinas PU Sulut serta tambahan dana dalam APBDP 2015 sebesar Rp19 miliar harus tuntas paling lambat Oktober 2015.

Kebutuhan anggaran sebesar Rp19 miliar tersebur diusulkan ditanggung Kementerian PU dan Perumahan Rakyat dan yang menjadi penanggung jawab adalah Menko Perekonomian. (skd)