Gubernur Sulteng harap Bahlil bisa bantu pembangunan infrastruktur KEK Palu

id bahlil,kek palu,pemprov sulteng,longki djanggola,gubernur sulteng

Gubernur Sulteng harap Bahlil  bisa bantu pembangunan infrastruktur KEK Palu

Gubernur Sulteng Longki Djanggola memberikan keterangan kepada wartawan di Palu, Rabu, terkait dengan penyediaan infastruktur penunjang KEK Palu saat mendampingi Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Dan itu tadi saya sudah minta kepada Pak Menteri, kalau bisa ada kenang-kenangan khususlah buat infrastruktur yang ada di KEK Palu
Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola mengharapkan Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia membantu pembangunan infrastruktur di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu.

"Dan itu tadi saya sudah minta kepada Pak Menteri, kalau bisa ada kenang-kenangan khususlah buat infrastruktur yang ada di KEK Palu," ucap Gubernur Longki Djanggola, di Palu, Rabu.

Gubernur Longki Djanggola mendampingi Menteri Investasi Bahlil dan rombongannya mengunjungi KEK Palu dalam rangka melihat langsung kondisi KEK Palu serta melihat kegiatan operasional dan infrastruktur penunjang KEK Palu.

Gubernur mengatakan tiga jenis infastruktur yang menjadi penting dan harus ada di KEK Palu yakni jalan, ketersediaan air, dan dukungan listrik, yang harus diperhatikan di dalam pengembangan KEK Palu, sekaligus untuk menarik investor untuk berinvestasi.

Menurut dia, usulan itu direspons positif oleh Bahlil Lahadalia. Bahkan Bahlil sangat setuju dengan rencana pembangunan jalan yang terkoneksi langsung antara KEK Palu dengan Kabupaten Parigi Moutong.

Termasuk pengembangan dan perluasan Pelabuhan Pantoloan yang menjadi satu infrastruktur utama dalam penunjang operasional KEK Palu. Pelabuhan itu juga ditinjau oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dalam kunjungannya hari ini.

Selain itu, Gubernur juga mengatakan Pemprov Sulteng, Pemkot Palu, dan Badan Administrator KEK Palu, berupaya membantu dalam hal pembebasan lahan masyarakat di KEK Palu untuk kepentingan investasi oleh para investor.

"Kita sudah sepakat tadi, ke depan akan kita fasilitasi investor untuk berinvestasi termasuk dalam hal pembebasan lahan," sebutnya.

Hingga saat ini terdapat sembilan perusahaan yang berinvestasi di KEK Palu. KEK Palu yang merupakan kawasan ekonomi berbasis industri dan diresmikan pada tahun 2017. KEK Palu memiliki luas 2.500 hektare dan 279 hektare  sudah dibebaskan oleh perusahaan atau investor serta 79 hektare sudah dibebaskan Pemda Kota Palu.

Baca juga: Menteri Investasi sebut Sulteng masuk tiga besar invetasi terbaik Nasional
Baca juga: KEK Palu peroleh investasi dari Perusahaan Kanada Rp8,7 triliun