Gubernur minta kepala daerah Padagimo segera salurkan dana stimulan

id Gubernur Sulteng,Rusdi Mastura,Dana stimulan,Penyintas gempa,Gempa palu,Padagimo

Gubernur  minta kepala daerah Padagimo segera salurkan dana stimulan

Gubernur Sulteng Rusdi Mastura saat menerima warga penyintas gempa, tsunami dari Desa Loli Pesua, Loli Dondo dan Loli Tasiburi, Kabupaten Donggala, di Kantor Gubernur Sulteng, di Palu, Senin. (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura meminta  kepala daerah di Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi dan Parigi Moutong (Padagimo) untuk segera menyalurkan dana stimulan rumah rusak berat, sedang dan ringan, kepada penyintas yang rumahnya terdampak bencana 28 September 2018, demi percepatan pemulihan.

"Dana stimulan sudah lama disalurkan kepada pemerintah daerah terdampak gempa, tsunami dan likuefaksi," ucap Gubernur  Rusdi Mastura di Palu, Senin.

Permintaan Gubernur Sulteng tertuang dalam surat Gubernur Sulteng nomor 360/525/Pusdatina perihal tentang percepatan rehabilitasi dampak bencana alam Padagimo, yang ditujukan kepada Wali Kota Palu, Bupati Donggala, Bupati Sigi dan Bupati Parigi Moutong.

Surat Gubernur Sulteng berisikan tiga poin penting, pertama, meminta kepada empat kepala daerah itu untuk segera melakukan validasi data yang akurat secara terpilah meliputi jumlah warga yang akan direlokasi, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam penyelesaiannya.

Kedua, meminta kepala daerah di empat daerah tersebut agar melakukan percepatan penyaluran dana stimulan tahap I dan tahap II.

Ketiga, data yang telah tervalidasi agar ditetapkan dalam keputusan bupati dan wali kota.

Gubernur Rusdi menegaskan bahwa dirinya akan menagih bupati dan wali kota terkait dengan realisasi dana stimulan rumah rusak berat, sedang dan ringan.

"Saya akan minta realisasi dana stimulan dari pemerintah kabupaten dan kota penerima dana stimulan," kata Rusdi.

Gubernur berjanji akan memulihkan kondisi penyintas bencana gempa, tsunami dan likuefaksi di daerah tersebut.

"Warga yang terdampak, namun belum tertangani oleh pemerintah, dan belum mendapat bantuan, pasti saya akan tangani dan bantu, percayalah, tapi harus berdasarkan data yang valid dan akurat dari desa/kelurahan," ungkap Gubernur Rusdi.

Gubernur Rusdi Mastura menegaskan bahwa pemulihan penyintas dan daerah terdampak gempa, tsunami dan likuefaksi menjadi prioritas utama dalam penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan, untuk mempercepat pemulihan warga di daerah terdampak bencana 28 September 2018.
Gubernur Sulteng Rusdi Mastura saat menerima warga penyintas gempa, tsunami dari Desa Loli Pesua, Loli Dondo dan Loli Tasiburi, Kabupaten Donggala, di Kantor Gubernur Sulteng, di Palu, Senin. (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)