Pemprov Sulteng upayakan warga Sigi dapat manfaatkan potensi hutan

id Pemprov Sulteng,Gubernur Sulteng,Rusdy Mastura,Dinas Kehutanan Sulteng,Perhutanan Sosial,Nahardi

Pemprov Sulteng  upayakan warga Sigi dapat manfaatkan potensi hutan

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berupaya agar warga di Kecamatan Kulawi dan Kulawi Selatan di Kabupaten Sigi dapat memanfaatkan potensi hutan guna peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan hutan.

"Pemerintah Provinsi Sulteng terus berupaya memberikan akses kepada masyarakat sekitar hutan di wilayah Kecamatan Kulawi dan Kulawi Selatan di Kabupaten Sigi," kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulteng Nahardi, di Palu, Senin.

Menurut Nahardi, secara keseluruhan Pemprov Sulteng sedang berupaya agar masyarakat di sekitar dan di dalam kawasan hutan dapat mengelola dan memanfaatkan 15.000 hektare hutan dan lahan di wilayah tersebut.

Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulteng, lanjutnya, yaitu dengan menempuh skema perhutanan sosial, agar masyarakat dapat diberdayakan untuk memanfaatkan potensi hutan.


Saat ini, sebut dia, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kehutanan telah memberikan akses kepada masyarakat di Kecamatan Kulawi Selatan Kabupaten Sigi, khususnya di Desa Tangkolowi. Lewat skema perhutanan sosial masyarakat di Desa Tangkolowi dapat mengelola dan memanfaatkan potensi hutan seluas kurang lebih 3.000 hektare.

Dinas Kehutanan Sulteng, kata Nahardi, berharap semua pihak bisa membantu dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan lahan dan hutan yang sudah dialokasikan tersebut oleh pemerintah.

Dia mengatakan bahwa apa yang telah diberika oleh pemerintah sepenuhnya menjadi hak masyarakat, untuk dikelola masyarakat dengan peningkatan ekonomi. "Yakinlah ini semua sepenuhnya menjadi hak masyarakat, jangan dipikir apa yang masyarakat tanam nantinya akan dibagi dengan Pemerintah," katanya.


Berkaitan dengan itu, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura mengatakan program pemerintah pusat mengenai perhutanan sosial, sangat membantu masyarakat untuk mengelola potensi hutan.

"Program pemerintah terkait perhutanan sosial semoga program ini bisa menyelesaikan masalah di tengah masyarakat terkait peningkatan ekonomi masyarakat," kata Rusdy Mastura.

Gubernur mendorong masyarakat di sekitar hutan untuk memanfaatkan fasilitas pendanaan yang telah disiapkan oleh pemerintah melalui skema Kredit Usaha Rakyat (KUR).