Kanal Pemkot Palu gencarkan publikasi kebersihan Adipura

id Kominfo, Nathan Pasongan, Adipura, kebersihan, Pemkotpalu, Sulteng, lingkungan

Kanal Pemkot Palu gencarkan publikasi kebersihan Adipura

Ilustrasi - Warga memungut sampah saat aksi gotong royong membersihkan Pantai Dupa Indah di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (5/6/2021). ANTARA/Mohamad Hamzah

Palu (ANTARA) -
Kanal resmi milik Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus gencarkan publikasikan program kebersihan sebagai upaya mewujudkan kota Adipura.
 
"Sebagai instansi membidangi komunikasi dan informatika kami juga memiliki peran dalam mendukung dan menyukseskan program ini agar Palu dapat meraih penghargaan Adipura 2023 mendatang," kata Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Palu Nathan Pasongan di Palu, Jumat.

Ia memaparkan, sejak program ini dicanangkan pada tahun 2021, pihaknya selalu mempublikasikan kegiatan pemerintah setempat kepada khalayak luas, baik melalui kanal website maupun akun media sosial resmi milik Pemkot Palu.

Pemkot Palu dalam melakukan kampanye kebersihan kepada publik, tidak hanya dilakukan lewat sosialisasi dan edukasi secara langsung, tetapi juga memanfaatkan teknologi informasi dengan tujuan agar program ini tersampaikan secara masif.

"Termasuk penyerahan armada kebersihan kepada Pemerintah Kelurahan juga kami siarkan secara langsung lewat akun media sosial maupun kanal resmi bersama-sama dengan media massa, bahwasanya Pemkot Palu serius dalam urusan kebersihan," ucap Nathan.

Pemkot Palu mengincar penghargaan Adipura, memuat kurang lebih 53 kegiatan prioritas dengan kerja simultan lintas organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran pemerintahan tersebut serta menggandeng berbagai pihak turut serta terlibat langsung di antaranya pekerja dalam program padat karya, tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga (TP-PKK), maupun organisasi kemasyarakatan lainnya, termasuk warga.

Selain itu, Pemkot Palu juga telah membentuk kader-kader pelopor kebersihan lingkungan diberi nama Perempuan Adipura, yang tugas pokoknya adalah mengajak warga selalu menerapkan hidup bersih dan sehat dimulai dari lingkungan keluarga.

Ia menambahkan, selain program Adipura, Kominfo juga dipercayakan sebagai salah satu OPD pengampuh pada program smart city atau kota cerdas lewat digitalisasi data Kota Palu, yang juga erat kaitannya dengan publikasi kebersihan lingkungan.

"Sesuai tugas pokok kami, tentunya Kominfo tetap konsisten menyajikan informasi-informasi terkini seputar kegiatan dan kebijakan Pemkot Palu yang tidak lain untuk konsumsi informasi oleh masyarakat," demikian Nathan.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022