Wawali Apresiasi STMIK Adhi Guna Ikut Kontes Robot

id robot, stmik

Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said foto bersama dengan tim Robot STMIK Adhi Guna sekaligus melepas keberangkatan untuk berlomba di kontes robot Indonesia di UPI Bandung.(ANTARA FOTO/anas masa)

Palu, (antarasulteng.om) Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said, sangat mengapresiasi Sekolah Tinggi Menejemen Informatika dan Komputer (STMIK) Adhi Guna yang akan mengikuti Kontes Robot Indonesia. Kegiatan itu di laksanakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Jenis lomba yang diikuti oleh tim robot STMIK Adhi guna yakni Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) baik beroda maupun berkaki dan Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), tanggal 28-30 April 2016 di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung,

"Sekali lagi saya sangat mengapresiasi  perguruan tinggi swasta seperti STMIK Adhi Guna yang telah mengikutsertakan mahasiswanya dalam kontes robot Indonesia yang secara tidak langsung akan membawa nama harum kota Palu khususnya dan Sulawesi Tengah pada umumnya," katanya saat audensi sekaligus melepas tim Robot STMIK Adhi Guna yang akan ikut berlomba.

Ia mengatakan karya dari anak-anak Palu perlu mendapatkan perhatian pemerintah kota karena mereka bisa menciptakan robot, bahkan bisa ikut lomba Kontes Robot Indonesia di tingkat nasional. 
Menurut dia, ini sesuai dengan misi walikota, yakni peningkatan dan pengembangan daya saing potensi sumberdaya manusia, sehingga kota Palu bisa sejajar dengan kota lainnya. 

Dan untuk lebih mengenalkan kecanggihan maupun teknologi  kepada generasi muda khususnya mahasiswa, maka ajang kontes robot tersebut diharapkan mampu menjadi wadah positif dalam mengembangkan serta menumbuhkan ide-ide kreativitas para anak muda yang tentang dari maraknya kenakalan remaja saat ini.

Sementara itu, Wakil Ketua III bidang Kemahasiwaan Anwar Panyili, S.Kom, M.Kom menyatakan bahwa tim robot STMIK Adhi Guna telah melakukan persiapan yang cukup lama agar bisa ikut lomba kontes robot Indonesia. Tentu yang tidak kalah penting adalah mental bertanding, bagaimana dengan persiapan yang cukup dengan harapan stamina dan mental tetap terjaga saat bertanding. 

Berikutnya, jenis lomba yang diikuti dalam kontes robot Indonesia oleh Tim STMIK Adhi Guna yakni untuk lomba KRAI dengan tema efisiensi energi terbarukan di gawangi oleh Muhlis, lomba KRPAI beroda dengan tema robot cerdas SAR pemadam api di gawangi oleh Fahrani, sedangan berkaki digawangi oleh Ahmad Rusyaid Mirta. 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar