UIN Datokarama-ANTARA Sulteng kerja sama penyebarluasan informasi pendidikan

id Antara,LKBN ANTARA Biro Sulteng,Andilala,UIN Datokarama,UIN Palu,Sagaf S Pettalongi

UIN Datokarama-ANTARA Sulteng kerja sama penyebarluasan informasi pendidikan

Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sulteng Andilala dan jajarannya bersilaturahim dengan Rektor UIN Datokarama Sagaf S. Pettalongi di Palu. (ANTARA/Moh Ridwan)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Sulteng mengenai penyebarluasan informasi pendidikan dengan tujuan menopang implementasi tri dharma perguruan tinggi negeri tersebut.

"ANTARA menjadi satu mitra yang sangat strategis untuk memaksimalkan implementasi tri dharma perguruan tinggi," ucap Rektor UIN Datokarama Palu Sagaf S. Pettalongi di Palu, Rabu.

Sagaf yang merupakan guru besar dan pakar managemen pendidikan itu, menyatakan perguruan tinggi yang dipimpinnya berkewajiban mengoptimalkan implementasi tri dharma perguruan tinggi meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

ANTARA dengan segala kekuatan platform media yang dimiliki, menurut dia, dapat menopang optimalisasi tiga tuntutan tri dharma perguruan tinggi tersebut melalui penyediaan dan penyebarluasan informasi.

"Yang semua informasi tersebut berisikan muatan edukasi kepada masyarakat, karena UIN bertanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa," ujar dia.

Ia menilai LKBN ANTARA sebagai Kantor Berita Indonesia milik negara berkewajiban meningkatkan pemahaman masyarakat, melalui penyediaan dan penyebarluasan informasi-informasi yang sifatnya mengedukasi masyarakat.

"Dan terpenting adalah membangun optimisme dan semangat masyarakat, untuk tetap meningkatkan jiwa nasionalisme dan kecintaan terhadap NKRI. Hal ini sejalan dengan tuntutan tri dharma tersebut, yang muatan lainnya adalah membangun dan menguatkan persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI," ungkapnya.

Di samping itu, Sagaf berharap, kegiatan-kegiatan akademik yang dilaksanakan UIN Datokarama dapat disebarluaskan oleh ANTARA kepada masyarakat, dengan tetap mengedepankan muatan edukasi.

Terkait hal itu Kepala LKBN ANTARA Biro Sulteng Andilala mengatakan bahwa sebagai Kantor Berita Indonesia milik negara, ANTARA dituntut menyediakan dan menyebarluaskan informasi yang mencerahkan masyarakat.

"Aspek pendidikan atau edukasi menjadi standar berita ANTARA. Artinya, di setiap pemberitaan yang dilakukan oleh ANTARA harus bermuatan edukasi," ungkapnya.

Ia menambahkan LKBN ANTARA akan membantu menyebarluaskan informasi-informasi dalam bentuk pemberitaan terkait dengan kegiatan-kegiatan akademik yang sejalan dengan tuntutan tri dharma perguruan tinggi tersebut.
Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sulteng Andilala dan jajarannya bersilaturahim dengan Rektor UIN Datokarama Profesor Sagaf S Pettalongi, di ruang kerja Rektor, di Palu. (ANTARA/HO-Moh Ridwan)