Kepala Terminal: Kedatangan pemilir di Terminal Tipo landai

id Terminal Tipo Palu,Arus balik,Lebaran ,Kota Palu ,Sulawesi Tengah

Kepala Terminal: Kedatangan pemilir di Terminal Tipo landai

Sejumlah penumpang jasa transportasi darat di Terminal Tipo Palu, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (27/4/2023). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Kepala Terminal Tipo, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Ahyar mengatakan, landainya jumlah kedatangan pemudik di Terminal Tipo lantaran sebagian besar penumpang telah lebih dahulu turun di jalan atau di perwakilan masing-masing Perusahaan Otobus.
 


"Untuk penumpang yang tiba, kami tidak bisa mendata secara keseluruhan karena banyak penumpang yang memilih turun di jalan atau di perwakilan agen masing-masing," kata Ahyar di Palu, Minggu.


 


Ahyar mengatakan, akitivitas di terminal pada Kamis (27/4) atau H+4 Lebaran 2023 masih normal dan cukup landai dengan sebanyak 195 penumpang meninggalkan terminal menggunakan delapan unit bus.


 


Ia juga mengemukakan, pergerakan penumpang atau pemilir (pemudik arus balik) mulai terlihat pada Senin (24/4) atau H+1 Lebaran.


 


Menurut dia, sebanyak 215 penumpang dengan menggunakan total 9 unit bus berangkat dari Terminal Tipo Palu pada H+1 Lebaran.


 


Ia menambahkan, puncak arus mudik gelombang pertama terlihat pada Selasa (25/4) atau H+2 Lebaran dengan sebanyak 15 bus berangkat dari terminal hingga pukul 19.00 WITA.


 


"Total jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 236 orang pada H+2 kemarin," katanya.


 


Adapun untuk penumpang tiba di terminal, kata dia, penumpang tiba sebanyak 215 orang dengan menggunakan 10 unit bus.


 


Tidak lupa, Ahyar mengimbau kepada para penumpang untuk selalu memperhatikan barang bawaan serta keselamatan diri saat melakukan perjalanan jauh.