Terminal Palu: Puncak arus mudik H-4 Lebaran

id Terminal Tipo C ,Mudik,Puncak arus mudik ,Lebaran 2023,Kota Palu ,Sulawesi Tengah

Terminal Palu: Puncak arus mudik H-4 Lebaran

Sejumlah pemudik di Terminal Tipe C Kota Palu, Selasa (18/4/2023). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Unit Pengelola Terminal Tipe C Palu, Sulawesi Tengah mencatat puncak arus mudik terjadi pada H-4 Lebaran 2023 dengan sedikitnya 300 penumpang transportasi darat meninggalkan terminal setempat, Selasa.
 
"Keberangkatan arus mudik sudah dimulai sejak kemarin (17/4) tapi hari ini puncak jatuh tempo arus mudik untuk melepas keberangkatan dengan sedikitnya 300 orang penumpang," kata Kepala Unit Pengelola Terminal Tipe C Palu Ahyar di Palu, Selasa.

Ia mengatakan kenaikan lonjakan jumlah penumpang terjadi pada hari ini karena cuti bersama sudah akan dimulai pada Rabu (19/4) serta pencabutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Untuk hari biasanya, penumpang bus itu sekitar 100 sampai 200 orang per hari, tapi hari ini mencapai 300 orang bahkan lebih," katanya.
 
Ia mengemukakan semua armada transportasi darat telah melakukan pengecekan kelayakan beroperasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang.

Selain itu, Ahyar mengatakan, semua sopir angkutan darat juga sudah melalui pemeriksaan kesehatan, seperti tekanan darah, tes urine, dan tes darah.
 
Pihaknya bersama beberapa instansi terkait, seperti kepolisian, tenaga medis, Jasa Raharja, mendirikan posko terpadu di area Terminal Tipe C Palu untuk melakukan pemantauan dan memberikan pelayanan kesehatan guna kelancaran arus mudik Lebaran 2023.
 
"Kami berharapnya perjalanan para penumpang aman serta dapat tiba di tujuan masing-masing dengan selamat," katanya.
 
Ia mengatakan tujuan pemudik yang cukup banyak, dengan rute Palu-Makassar dan Palu-Mamuju.