Jumlah penumpang mudik naik sebesar 95 persen melalui Terminal Tipo C Palu

id Terminal Tipo C Palu ,Mudik ,Lebaran 2023,Sulawesi Tengah,Palu

Jumlah penumpang mudik naik sebesar 95 persen melalui Terminal Tipo C Palu

Sejumlah pemudik menunggu keberangkatan bus di Terminal Tipo C Palu, Rabu (19/4/2023). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Unit Pengelola Terminal Tipo C Palu mencatat kenaikan jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan transportasi darat selama mudik Lebaran 2023 naik sebesar 95 persen.
 
"Untuk kenaikan jumlah penumpang itu sekitar 95 persen sampai saat ini dimana seminggu terakhir penumpang sudah ada peningkatan," kata Kepala Unit Pengelola Terminal Tipo C, Ahyar di Palu, Rabu.
 
Ia mengemukakan, jumlah penumpang mengalami kenaikan hingga mencapai sedikitnya 300 orang dibandingkan dengan hari - hari normal sekitar 154 orang.
 
Ahyar mengatakan, puncak arus mudik terjadi selama dua hari yakni pada Selasa (18/4) dengan lebih dari 300 penumpang menggunakan angkutan transportasi darat dan Rabu (19/4) juga mencapai 300 orang.
 
Adapun untuk kenaikan tersebut, menurut dia, hal tersebut dikarenakan cuti bersama pada Rabu (19/4) telah dimulai dan antusias para pemudik yang tinggi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dengan dicabutnya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).
 
Selain itu, Ia mengatakan, sebanyak 28 unit bus telah disiapkan sebelumnya untuk mengangkut penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman masing-masing.
 
Ahyar juga mengatakan, semua sopir angkutan darat juga sudah melalui pemeriksaan kesehatan yang meliputi beberapa pemeriksaan seperti tekanan darah, tes urine dan tes darah.
 
"Semua armada transportasi darat telah melakukan pengecekan kelayakan beroperasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang," katanya.
 
Ia mengharapkan para pemudik dapat berhati-hati dan memperhatikan keselamatan masing-masing sehingga dapat selamat sampai tujuan.