Kepala Terminal Kota Palu prediksi puncak arus balik 30 April dan 1 Mei

id Terminal Tipo ,Arus balik ,Lebaran 2023,Kota Palu ,Sulawesi Tengah

Kepala Terminal Kota Palu prediksi puncak arus balik 30 April dan 1 Mei

Sejumlah penumpang menunggu keberangkatan bus di Terminal Tipo, Kota Palu, Rabu (26/4/2023). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) -
Kepala Unit Pengelola Terminal Tipo Kota Palu, Sulawesi Tengah, Ahyar memprediksi puncak arus balik Lebaran 2023 akan terjadi pada akhir minggu ini atau pada 30 April dan 1 Mei 2023.
 
"Kami prediksi lonjakan kenaikan jumlah penumpang akan terjadi pada akhir minggu ini, dikarenakan kemungkinan adanya cuti tambahan bagi para pekerja," kata Ahyar di Palu, Rabu.

Ahyar mengatakan, pihaknya mencatat pergerakan arus balik di Terminal Palu mulai terlihat sejak hari Senin (24/6) atau pada H+1 Lebaran Idul Fitri dengan sebanyak 221 penumpang meninggalkan terminal tersebut.

Menurut Ahyar, sebanyak delapan unit bus meninggalkan terminal untuk mengangkut penumpang ke beberapa daerah tujuan pada H+1 Lebaran.

"Mulai terlihat pergerakan di terminal itu hari Senin kemarin, sebanyak 221 penumpang diberangkatkan dari terminal,"

Adapun untuk penumpang tiba di Terminal Tipo, kata dia, mulai terlihat pergerakan pada H+2 Lebaran atau hari Selasa (25/4) dengan jumlah penumpang tiba sebanyak 215 orang.

Ia melanjutkan, sebanyak 10 unit bus tiba di Terminal Tipo Palu pada untuk mengantarkan para pemilir (pemudik arus balik) tersebut.

Ahyar menyebut untuk menghadapi arus balik Lebaran 2023, pihaknya melakukan pemeriksaan ramp check dan pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi bus, sebagaimana ketika yang dilakukan pula pada arus mudik jelang Lebaran.

"Kami bekerja sama dengan beberapa instansi terkait seperti Jasa Raharja untuk memeriksakan kondisi fisik para sopir bus penumpang," katanya.