Pengukuhan Paskibraka Kota Palu 2023

id Kota Palu

Pengukuhan Paskibraka Kota Palu 2023

Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Palu Tahun 2023 telah dilaksanakan, Selasa, Pukul 08.00 WITA hingga pukul 09.00 WITA. ANTARA/Josua magang

Palu, Sulteng (ANTARA) - Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Palu Tahun 2023 telah dilaksanakan, Selasa, Pukul 08.00 WITA hingga pukul 09.00 WITA.


Kegiatan ini untuk mengukuhkan anggota Calon Paskibraka (Capas) menjadi Paskibraka yang akan melaksanakan tugas pada tanggal 17 Agustus 2023 guna memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Palu Tahun 2023 telah dilaksanakan, Selasa, Pukul 08.00 WITA hingga pukul 09.00 WITA. ANTARA/Josua magang


"Kami mempersiapkan anggota Calon Paskibraka selama 64 hari. Lima puluh hari kami melaksanakan latihan sore dan malam, dan selama empat belas hari pemusatan latihan yang dimana mereka kami kumpulkan di satu tempat dan mereka menginap di situ untuk mengikuti pembimbingan dan pembinaan," kata Ketua Purna Paskibraka Kota Palu, Ikwan Umar di Palu.

Tidak hanya latihan baris-berbaris tapi mereka juga mendapatkan materi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), dimana Kota Palu menjadi satu-satunya yang menjadi Pilot Project Nasional untuk pemusatan diklat Paskibraka tahun 2023.

"Persiapan yang kami lakukan sudah sembilan puluh sembilan persen dan satu persennya akan dilengkapi ketika sudah selesai pelaksanaan Pengibaran Bendera Merah Putih," ujarnya.


"Semua anggota Capas yang kini telah menjadi anggota Paskibraka berjumlah 54 orang yang dimana ada 26 putra dan 28 putri, dari 13 sekolah di Kota Palu mulai dari SMA/MA/SMK negeri maupun swasta." ujarnya.


Pengukuhan ini dilangsungkan di Bundaran dihadiri oleh orang tua dan saudara dari anggota Paskibraka dan juga banyak warga sekitar yang menyaksikan pengukuhan tersebut.


"Tentunya saya bangga, saya doakan mereka semua sehat-sehat dan dilancarkan semuanya hingga Hari H tanggal 17 Agustus nanti, saya selalu dukung terkhusus untuk anak saya, selalu saya antar jemput selama proses latihan. Itu sebagai bentuk dukungan saya kepada anak saya." kata Darma orang tua salah seorang Paskibraka.


"Rasanya sudah mulai lega karena sudah selesai satu tugas yaitu pengukuhan dan tugas kami selanjutnya akan melaksanakan Pengibaran Bendera Merah Putih dan kami akan melaksanakannya dengan baik. Setelah melewati berbagai proses yang cukup panjang mulai dari seleksi, latihan, dan hingga tiba hari pengukuhan ini kami merasa sangat senang dan bangga dan juga mohon doanya untuk pelaksanaan Pengibaran Bendera Merah Putih semoga semuanya dilancarkan," kata Farel salah seorang Paskibraka Kota Palu 2023.


Pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan oleh anggota Paskibraka adalah saat yang dinanti pada hari Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus setiap tahun setiap kalangan orang tua, orang muda, bahkan anak-anak pun selalu menantikan saat-saat Paskibraka mengibarkan Bendera Merah putih.