Pemkot Bangun Panggung Pertunjukan Untuk Sanggar Seni

id panggung

Kami akan sediakan panggung dan sarananya agar sanggar-sanggar seni punya tempat menyalurkan minat dan bakat mereka
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu akan membangun fasilitas dan sarana pendukung penyaluran minat dan bakat para seniman di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu pada 2017.

"Kami akan sediakan panggung dan sarananya agar sanggar-sanggar seni punya tempat menyalurkan minat dan bakat mereka," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palu Akram di Palu, Minggu.

Dia mengatakan melalui panggung tersebut para seniman yang tergabung dalam sanggar seni di Kota Palu dapat menampilkan hasil kreasi mereka. Selama ini kata dia, banyak sanggar seni yang aktif namun belum memiliki panggung sehingga karya-karya mereka jarang tersalurkan.

Menurut Akram, Dinas Pariwisata memberi ruang sebulan sekali untuk lima sanggar seni. "Sehingga setahun setidaknya 60 sanggar seni bisa tampil," katanya.

Pertunjukan itu kata dia, tidak saja terkait seni pertunjukan tetapi juga seni lainnya seperti seni lukis dan sastra.

Lokasi pertunjukan kata dia, akan dipusatkan di sepanjang Teluk Palu yang dilakukan secara berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sebelum pertunjukan kata dia, agenda pertunjukan akan dipublikasikan ke publik khususnya kepada hotel dan restoran di kota teluk itu.

"Sehingga tamu-tamu dari luar daerah yang ingin hiburan, bisa mengunjungi tempat pertunjukan secara gratis," katanya.

Secara teknis kata dia, lokasi pertunjukan akan ditata sedemikian artistik dilengkapi dengan ornamen nuansa tradisi sehingga manambah daya tarik pengunjung menyaksikan karya-karya seniman Kota Palu.

Akram mengatakan pemerintah membangun seni dan budaya karena kota ini akan menjadi kota tujuan wisata sekaligus mendorong tumbuhnya industri kreatif.

"Sebagai langkah awal, kami hanya menyediakan biaya transportasi kepada setiap sanggar seni yang ingin tampil," katanya.