Pemkot Palu dan PLN sepakat tata jaringan kelistrikan agar rapi

id Pln, up3 palu, kelistrikan, listrik, Pemkotpalu, walikotapalu, Hadianto Rasyid, Sulteng

Pemkot Palu dan PLN sepakat tata jaringan kelistrikan agar rapi

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menerima kunjungan PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palu membahas penataan infrastruktur jaringan kelistrikan dalam kota di Palu, Sulteng, Selasa (12/9/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, dan PT PLN (Persero) sepakat menata infrastruktur jaringan kelistrikan yang berada di dalam kota supaya lebih rapi.

"Infrastruktur jaringan kelistrikan perlu diatur supaya rapi, sebagaimana arah kebijakan Pemkot Palu dalam pembangunan kota," kata Wali Kota Palu Hadianto Rasyid saat menerima kunjungan PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palu di ruang kerjanya, Palu, Sulteng, Selasa.

Ia mengemukakan pembangun kota berkelanjutan tidak cukup hanya dilihat dari aspek konstruksi, lingkungan, maupun sarana dan prasarana penunjang lainnya, aspek estetika juga bagian yang tidak dapat terpisahkan.

Oleh karena itu, PLN sebagai pihak penyedia kelistrikan diminta segera melakukan langkah-langkah strategis guna menjamin kenyamanan penduduk sebagai pelanggan listrik.

"Upaya kami lakukan ini untuk kepentingan publik dari segi kenyamanan dan keamanan. Kabel-kabel bergelantungan rendah supaya tidak mengganggu mobilitas kendaraan dan aktivitas masyarakat lainnya," ujarnya.

Ia menginginkan kondisi infrastruktur jaringan kelistrikan disesuaikan dengan kebutuhan daerah dengan model yang ramah terhadap lingkungan layaknya seperti kota-kota maju di Indonesia.

Yanuar, pejabat bidang Pelayanan dan Pelanggan Distribusi PLN UP3 Palu, mengatakan pihaknya siap mendukung penataan jaringan kelistrikan di ibu kota Sulteng sesuai kebijakan pemerintah kota.

"Langkah kami lakukan menyesuaikan perencanaan Pemkot Palu diselaraskan dengan infrastruktur kelistrikan yang ada di Sulawesi Tengah," ucapnya.

Dikemukakannya, sebagaimana harapan Pemkot Palu maka UP3 Palu siap melaksanakan, mengingat masih banyak kawasan tumbuh di daerah itu sesuai perencanaan kerangka kerja yang dibangun pemerintah.

"Infrastruktur yang ada, berangkat dari pemulihan pascagempa, tsunami dan likuefaksi 2018. PLN saat itu diminta bergerak cepat untuk melakukan pemulihan pasokan listrik," kata dia.