Polres Tojo Una-una ikut bantu warga terdampak banjir

id Polres Tojo Una-una ,Bantu warga terdampak ,Banjir ,Kabupaten Tojo una-una ,Sulawesi Tengah

Polres Tojo Una-una ikut bantu warga terdampak banjir

Personel Polres Tojo Una-una membantu warga membersihkan rumah yang terdampak banjir di Kabupaten Tojo Una-una, Sulteng, Senin (21/1/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Tojo Una-una, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Tojo Una-una, Sulawesi Tengah (Sulteng) membantu warga yang terdampak banjir di Kecamatan Tojo dan Tojo Barat akibat guyuran hujan berintensitas tinggi pada Minggu (21/1) sore.
 
"Kami segera menerjunkan personel untuk membantu warga dalam menangani dampak banjir di Kecamatan Tojo dan Kecamatan Tojo Barat mulai Senin (22/1) kemarin," kata Kapolres Tojo Una-una AKBP Ridwan JM Hutagaol di Tojo Una-una, Selasa.
 
Ia menjelaskan upaya penanganan banjir telah dilakukan oleh polres setempat saat banjir terjadi dengan menurunkan personel kepolisian terdekat.
 
Polres Tojo Una-una dan Kompi Brimob Marowo Tojo Una-una menurunkan 75 personel untuk bersinergi dengan TNI, BPBD, Satpol PP untuk membantu penanganan pascabanjir.
 
"Kepolisian melakukan langkah untuk membantu dan meringankan beban masyarakat yang menjadi korban banjir, dan memberdayakan kemampuan yang dimiliki Polres Touna (Tojo Una-una),” kata dia.
 
Polres setempat melakukan langkah penanganan pascabencana, di antaranya membuka dapur umum, memberikan pelayanan kesehatan, pelayanan penyaluran air bersih, distribusi bantuan sosial dan kerja bakti pembersihan lumpur di rumah-rumah warga, serta fasilitas umum.
 
Banjir melanda Desa Mawomba, Kecamatan Tojo Barat serta Desa Tayawa, Bahari, dan Lemoro, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-una pada Minggu (21/1), sekitar pukul 15.00 WITA.
 
Ratusan rumah warga terendam dan satu orang meninggal dunia akibat bencana tersebut.
 
"Tentunya kami turut prihatin dan menyampaikan duka cita yang mendalam terhadap korban meninggal dunia akibat musibah banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Tojo dan Kecamatan Tojo Barat," ujarnya.
 
Dia mengatakan situasi terkini Jalan Trans Sulawesi yang terdampak banjir dan menghubungkan Kecamatan Tojo dan Tojo Barat sudah dapat dilalui kendaraan.

Ruas jalan yang menghubungkan dua desa, yaitu Malino-Tayawa, Kecamatan Tojo masih terputus.
 
Warga setempat juga sudah mulai kembali ke rumah masing-masing, walaupun beberapa di antaranya masih memanfaatkan rumah ibadah untuk mengungsi.
Polres Touna memberikan pelayanan kesehatan kepada warga terdampak banjir di Kabupaten Tojo Una-una, Sulteng (21/1/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)