KPU Kota Palu lantik 7.504 anggota KPPS untuk Pemilu 2024

id KPPS Palu,KPU Kota Palu,Pelantikan KPPS,Pemilu ,Kota Palu ,Sulteng

KPU Kota Palu lantik 7.504 anggota KPPS untuk Pemilu 2024

Pelantikan anggota KPPS untuk Pemilu 2024 di wilayah Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (25/1/2024). (ANTARA/HO-Dokumentasi KPU Kota Palu)

Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah melantik 7.504 anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang akan bertugas di 1.072 tempat pemungutan suara (TPS).
 


Ketua KPU Kota Palu Idrus di Palu, Kamis, mengatakan pelantikan ini dilakukan secara serentak se-Indonesia dan dilakukan di kelurahan masing-masing di kota itu.


 


"KPPS yang dilantik telah mendapat penugasan menjadi KPPS 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7," katanya. 


 


Ia menyebutkan, dari 7.504 anggota KPPS akan bertugas di 1.072 TPS yang berada di 46 kelurahan dan setiap TPS ditugaskan tujuh orang KPPS.


 


Dia berharap petugas KPPS yang hari ini dilantik mampu menjalankan apa yang menjadi tugas pokoknya dari mulai 25 Januari sampai dengan 25 Februari 2024.


 


"Harapan kami tentunya mereka bisa bekerja secara profesional, berintegritas, jujur dan adil. Sehingga tahapan proses dari mulai pemungutan sampai penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara dapat berjalan lancar, tanpa kendala," kata dia.


 


Menurut dia, KPPS merupakan garda terdepan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, sehingga diharapkan penyelenggaraan pemilu dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.


 


Selain itu, kata dia, pelantikan dirangkaikan dengan menanam pohon di wilayah masing-masing, dengan jenis pohon yang ditanam adalah taman hutan dan pohon pelindung.


 


"Penanaman pohon sebagai upaya untuk mengembalikan hasil pemanfaatan alam berupa kertas dari pohon-pohon yang diolah menjadi logistik pemilu tahun 2024," ujarnya.


 


Ia mengatakan, menanam kembali pohon sebagai upaya KPU secara nasional untuk melestarikan alam dan menjaga keseimbangan alam dan menjadikan pemilu yang ramah lingkungan dan melestarikan lingkungan hidup.