Korut sebut rudal yang ditembakkan untuk uji coba kekuatan hulu ledak

id rudal korea utara,penembakan rudal korea utara

Korut sebut rudal yang ditembakkan untuk uji coba kekuatan hulu ledak

Arsip - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) menyaksikan peluncuran rudal balistik antarbenua Hwasong-18 di lokasi yang tidak disebutkan di Korea Utara pada 18 Desember 2023 dalam gambar yang dirilis Kantor Berita Korea Utara KCNA. ANTARA FOTO/KCNA via Reuters/tom.

Seoul, Korea Selatan (ANTARA) - Korea Utara mengatakan penembakan sejumlah rudal jelajah di area lepas pantai Barat Korea Utara pada Jumat (2/2) merupakan kegiatan uji kekuatan hulu ledak rudal jelajah super besar dan uji coba rudal anti-pesawat jenis baru.

“Uji coba di Laut Kuning dilakukan untuk pengembangan teknologi yang pesat dalam berbagai aspek seperti fungsi, kinerja dan pengoperasian sistem senjata baru dan merupakan bagian dari aktivitas normal,” kata Badan Administrasi Rudal Korea Utara dalam pernyataan yang disampaikan oleh Kantor Berita Pusat Korea.

Kendati demikian, pihak Korea Utara tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai rudal jelajah yang terdeteksi oleh pihak Korea Selatan pada pukul 11.00 waktu setempat. Termasuk tidak menyampaikan jumlah rudal yang diluncurkan maupun seberapa jauh rudal tersebut terbang.

Sebelumnya, Militer Korea Selatan pada Jumat (2/2) mengatakan bahwa pihaknya mendeteksi peluncuran sejumlah rudal jelajah sekitar pukul 11.00 dari pantai barat Korea Utara.

Peluncuran rudal tersebut menjadi peluncuran rudal jelajah keempat yang dilakukan oleh Korea Utara pada tahun ini.

Pada 24 Januari lalu, Korea Utara melakukan uji coba rudal jelajah strategis baru yang mampu membawa hulu ledak nuklir bernama Pulhwasal-3-31, untuk pertama kalinya. Kemudian pada Minggu (28/1), Korut menembakkan rudal jelajah yang diluncurkan oleh kapal selam di lepas pantai timur, lalu dikonfirmasi rudal tersebut adalah Pulhwasal-3-31s.

Hwasal berarti “panah” dalam Bahasa Korea dan Pulhwasal memiliki arti “panah api”. Rudal jelajah bertenaga mesin jet itu, terbang rendah dan bermanuver, sehingga membuatnya lebih sulit dideteksi dan dicegat.


Sumber : Yonhap