Menteri Dan Gubernur Hadiri Pelantikan Bupati Buol

id Buol, Bupati, Menteri PDT, Sulteng

Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini saat menyaksikan foto pada pameran anugerah Pewarta Foto Indonesia (PFI) 2011 di Kuningan, Jakarta, Jumat (5/10). Helmy akan menghadiri pelantikan Bupati Buol Amiruddin Rauf/Syamsuddin Koloi, Rabu (10/10). (Foto : ANTARA/Zabur Karuru)

"Sekarang sudah di bandara. Rencana siang ini rombongan menteri singgah di Tolitoli karena pak Menteri akan menyerahkan sejumlah bantuan kepada Pemda Tolitoli," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Andi Syah
Palu - Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faisal Zaini bersama Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola direncanakan menghadiri pelantikan Bupati Buol terpilih Amiruddin Rauf/Syamsuddin Koloi yang akan berlangsung Rabu (10/10).

Menteri bersama gubernur dan rombongan, Selasa siang akan bertolak ke Buol menggunakan pesawat reguler.

"Sekarang sudah di bandara. Rencana siang ini rombongan menteri singgah di Tolitoli karena pak Menteri akan menyerahkan sejumlah bantuan kepada Pemda Tolitoli," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Andi Syahrul Yotolemba, di Kota Palu, Selasa.

Syahrul mengatakan, selepas makan siang, menteri bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Buol melalui darat, sebab pelantikan akan berlangsung Rabu pagi.

Amiruddin Rauf/Syamsuddin Koloi akan dilantik oleh Gubernur Longki Djanggola atas nama Menteri Dalam Negeri.

Amiruddin/Syamsuddin menggantikan bupati sebelumnya Amran Batalipu yang kini sedang diproses hukum atas tuduhan menerima suap dari perusahaan perkebunan sawit di daerah itu.

Amiruddin/Syamsuddin terpilih melalui Pilkada Buol 4 Juli 2012 dengan memperoleh 36.436 suara atau 48,77 persen dari 74.704 partisipasi pemilih. Sementara Amran Batalipu yang berpasangan dengan Machmud Baculu memperoleh 29.755 suara atau 39,83 persen. Pasangan yang diusung Partai Golkar dan PKPB tersebut berada di urutan kedua dari empat pasangan calon.

Dua pasangan lainnya yakni Ramli Kadadia/Abdilah Bandung memperoleh 5.353 suara atau 7,17 persen. Serta urutan keempat pasangan Syahril Pusadan/Ahmad Andi Makka sebanyak 2.348 atau 3,14 persen.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Tengah Zainal Daud yang ikut mendampingi Menteri PDT Helmy Faisal mengatakan, kehadiran menteri dari PKB tersebut untuk memberikan dukungan kepada Bupati Buol terpilih yang juga diusung oleh PKB bersama partai koalisi lainnya.

"Pak menteri juga akan menyerahkan bantuan kepada pemerintah Kabupaten Buol khususnya di sektor pertanian," tuturnya.

Zainal mengatakan, Buol sebagai salah satu daerah tertinggal di Sulawesi Tengah, akan terus mendapat perhatian dari pemerintah pusat agar daerah itu bisa bangkit dari ketertinggalan.(A055)
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar