Nasdem Sulteng : Langkah Politik Petahana Donggala Tepat

id nasdem

Nasdem Sulteng : Langkah Politik Petahana Donggala Tepat

Ahmad M Ali memimpin rapat mengenai pengangkatan Tahmidi Lasahido sebagai Ketua DPW Nasdem Sulteng. Ahmad Ali menyerahkan jabatan ketua kepada Tahmidi, karena dipercayakan menjabat bendara umum DPP Nasdem. (Hamdin/ Humas DPW Nasdem Sulteng)

Palu, (Antarasulteng.com) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi Sulawesi Tengah mengaku, tepat langkah politik yang dilakukan Bupati Donggala Kasman Lassa mengkonsolidasikan dengan parpol lain.

Petahana Kasman Lassa telah membangun konsolidasi dan berhasil meraih rekomendasi dukungan dari PPP dan Partai Gerindra untuk bertarung pada pemilihan kepala daerah kabupaten tersebut 2018 mendatang.

"Sebagai ketua Partai Nasdem di Donggala, sikap dan langkah politik Kasman Lassa sudah tepat," ungkap Ketua DPW Nasdem Sulteng Tahmidy Lasahido melalui rilis yang dikirim Wakil Ketua Bidang Media, Mohammad Hamdin, Kamis malam.

Kata Tahmidy, Nasdem di Kabupaten Donggala hanya mendapat dua kursi di DPRD, pada pemilihan legislatif tahun 2014 lalu.

Karena itu, sebagai bakal calon bupati Kasman diberi tugas membangun komunikasi politik dengan partai - partai diluar Partai Nasdem untuk mendapatkan dukungan.

Ia menyebut jika dukungan politik partai telah di dapatkan yang dibuktikan dengan form B1-KWK. Maka selanjutnya Kasman akan menghadap pimpinan partai diatasnya untuk kembali melapor di internal Nasdem ditingkat DPW dan DPP.

"Dukungan - dukungan dari partai politik lain itu, akan menjadi pertimbangan di internal Partai Nasdem," ujarnya.

Ia menambahkan, sesuai komitmen sebelumnya, partai akan segera menerbitkan form yang sama jika dukungan partai telah memenuhi syarat untuk mendukung pasangan calon.

Nasdem Sulteng belum memberi pernyataan secara resmi menyetujui atau tidak, pasangan Kasman Lassa, M Yasin yang telah beredar di daerah tersebut.

Namun demikian Kasman Lassa mengaku bahwa Nasdem akan merestui ia dan pasangannya tersebut.

"Karena PPP dan Gerindra suda menetapkan pasangan saya, Yasin. Maka secara otomatis Nasdem juga akan menetapkan Yasin sebagai pasangan saya," klaim Kasman.

Kasman menyebut bahwa sejak awal Partai Nasdem telah memberikan rekomendasi dukungan (tunggal tanpa pasangan) kepada dirinya.

Ia menyebutkan rekomendasi tersebut meminta dirinya untuk mencari pasangan dan membangun konsolidasi dengan partai politik lain.

Karena itu, dia mendaftar di PPP dan Partai Gerindra. Dua partai politik tersebut menyetujui permohonannya dengan rekomendasi dukungan, namun bukan dukungan tunggal melainkan dukungan berpasangan Kasman Lassa sebagai calon bupati dan M Yasin (Ketua DPRD setempat) sebagai wakil bupati untuk dicalonkan pada pilkada Donggala 2018.

"Nasdem memberikan saya rekomendasi untuk saya jadikan rujukan mencari tambahan partai politik lain," kata Kasman Lassa.