Polres Parigi siapkan pos pelayanan pemudik natal

id pos pelayanan mudik,parigi moutong,natal,operasi lilin

Polres Parigi siapkan pos pelayanan pemudik natal

Ilustrasi: Pos pelayanan mudik jelang natal dan tahun baru

Parigi,  (Antara Sulteng.com) - Polres Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menyediakan satu pos pelayanan terpadu kepada para pemudik Natal dan Tahun Baru 2018.

Pelayanan tersebut sebagai bagian dari kegiatan operasi Lilin Tinombala 2017 yang dilakukan serentak di provinsi itu.

Kapolres Parigi Moutong, AKBP Sirajudin Ramli di Parigi, Kamis, mengatakan, penyediaan pos pelayanan bagi para pemudik itu sebagai upaya untuk menciptakan rasa nyaman bagi masyarakat saat perjalanan pulang kampung.

"Penempatan pos pelayanan ini kami siapkan di jalur trans Toboli. Di sana kami menyediakan sejumlah fasilitas bagi para pemudik sebagai sentral mereka untuk beristirahat setelah melewati jalur pegunungan Kebun Kopi," katanya.

Fasilitas yang dimaksud antara lain tenda tempat beristirahat, pemeriksaan kesehatan, logistik termasuk bengkel untuk service kendaraan pemudik yang melakukan perjalanan ke tempat tujuan masing-masing.

Untuk pos pengamanan pihaknya menyediakan di sejumlah titik di kabupaten mulai dari Desa Tolai, Sumber Sari, Maesa, kemudian Petapa dan Kota Raya.

"Pos itu nanti diisi unsur Polri, TNI, dan Dinas Perhubungan Pol-PP setempat. Di tempat itu juga sebagai titik fokus untuk kegiatan pengamanan," katanya.

Menurutnya upaya tersebut sebagai upaya mendekatkan kepada tempat-tempat kegiatan ibadah umat Kristiani dan juga pada saat perayaan pergantian tahun 2017.

Selain menyediakan pos, Kapolres juga akan melibatkan personelnya melakukan sterilisasi di rumah-rumah ibadah bersama pemudah gereja saat umat Kristiani merayakan Natal termasuk Bhabinkantibmas yang sudah ditempatkan di masing-masing wilayah.

"Tahapan ibadah ini sudah berjalan dan puncak perayaannya nanti 25 Desember 2017. Di sela-sela itu kami sudah melakukan pengamanan. Kemungkinan H- dua perayaan nantal kami lebih memperketat pengamanan," katanya.

Dirinya berharap berharap perayaan Natal dan pelepasan akhir tahun nanti berjalan lancar," katanya. (skd)