Porprov VIII Sulteng Tandingkan 19 Cabang Olahraga

id porporv, koni, parimo

Porprov VIII Sulteng Tandingkan 19 Cabang Olahraga

Edison Ardiles, kepala Sekretariat KONI Sulteng. (Foto Antara/Anas Masa)

Palu,  (antarasulteng,news.com) - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Sulawesi Tengah yang dijadwalkan digelar pada November 2018 akan mempertandingkan sekitar 19 cabang.

"Cabang yang dipertandingkan dan diperlombakan sama dengan Proprov VII di Kabupaten Poso pada 2014," kata Ketua Umum KONI Sulteng melalui kepala sekretariat, Edison Ardiles, di Kantor KONI di Palu, Jumat.

Cabang olahraga yang dimaksud, antara lain judo, karate, taekwondo, pencak silat, sepak takraw, anggar, dayung, tinju, atletik, dan kempo.

Ia mengatakan tempat pelaksana porprov mendatang di Kabupaten Parigi Muotong.

Parigi Moutong sebelumnya meminta agar pelaksanaan porprov diundur sampai 2019 karena pada 2018 ada pesta demokrasi, yakni pemilihan kepala daerah di daerah itu.

Namun, atas segala pertimbangan mendasaar, akhirnya Proprov VII tetap berlangsung pada 2018. Semula, porprov tersebut dijadwalkan pada April 2018, tetapi hasil musyawarah ditetapkan kegiatan olahraga tersebut dilaksanakan pada November 2018.

Menyangkut masalah sarana dan fasilitas penunjang, Edison mengatakan sebagian besar sudah rampung.

Hal yang masih dikerjakan tinggal ada beberapa sarana dan fasilitas cabang olahraga lainnya yang sementara dibangun di daerah itu.

"Tapi khusus untuk pembangunan stadion kemungkinan besar belum dapat dilakukan mengingat membutuhkan dana cukup besar dan juga waktunya sangat sempit," kata dia.

Menyinggung soal anggaran pelaksanaan porprov di Kabupaten Parigi Moutong, Edison mengatakan sebagian akan ditanggung oleh KONI Sulteng dan sebagian lagi Pemkab Parigi Moutong.

"Pokoknya telah disepakati anggaran pelaksanaan Porprov VII di Parigi Moutomh `fifty-fifty` (50:50) pemkab dan KONI," demikian Edison Ardiles.