Trump mengaku tak beekompromi saat bertemu putin

id trump

Trump mengaku tak beekompromi saat bertemu putin

DOKUMENTASI, Presiden Amerika Serikat Donald Trump berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan bilateral mereka di KTT G20 di Hamburg, Jerman, 7 Juli 2017. (REUTERS/Carlos Barria)



Washington,  (Antaranews Sulteng) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Senin mengaku tidak mengkompromikan apa pun saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin pekan lalu.



Trump masih belum mengungkapkan isi pembicaraan empat mata dirinya dengan Putin, meski tokoh-tokoh senior dari sesama Partai Republik sudah banyak menanyakan kesepakatan apa yang telah dicapai antara Trump dan Putin.



Tidak lama setelah pertemuan di Helsinki tersebut, Trump mengatakan bahwa dirinya membicarakan banyak hal, termasuk upaya penghapusan nuklir di kawasan Semenanjung Korea, perdamaian di Timur Tengah, dan keamanan siber.



Namun hingga saat ini, Trump tidak membeberkan rincian pembicaraan tersebut.



Sementara itu, sejumlah pejabat dari Rusia mengatakan Putin telah menyampaikan usulan konkret saat bertemu dengan Trump terkait konflik di Ukraina. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menambahkan bahwa mereka membicarakan krisis Suriah.



Tetapi di sisi lain, para pejabat intelijen Amerika Serikat dan anggota Kongres mengaku masih belum mengetahui apa yang mereka bicarakan dan hingga kini belum diberi informasi mengenainya.



"Saya tidak mengkompromikan apa pun, kami hanya membicarakan tentang masa depan yang saling menguntungkan bagi kedua negara," kata Trump dalam akun Twitternya.



Meski mendapat hujan kritik, Trump justru malah menyampaikan undangan kepada Putin untuk mengunjungi Washington pada musim gugur ini.



Baca juga: Trump kepada Iran: jangan pernah ancam kami, atau rasakan akibatnya