KIPP berharap pembersihan data ganda tepat waktu

id kipp

KIPP berharap pembersihan data ganda tepat waktu

KIPP (Foto Antara/ist)

Kami mengkhawatirkan waktu selama 10 hari tidak dapat menyelesaikan masalah

 Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu Kaka Suminta berharap pembersihan terhadap data ganda di daftar pemilih tetap (DPT) dapat selesai tepat waktu sehingga KPU dapat melaksanakan tahapan berikutnya.

"Kami mengkhawatirkan waktu selama 10 hari tidak dapat menyelesaikan masalah," katanya di Jakarta, Sabtu.

Berdasarkan laporan di berbagai daerah yang diterimanya hingga hari ketujuh masih banyak kendala.

"Yang jika dilihat polanya terkait dengan sinkronisasi pada sistem IT atau sidalih," katanya

Bila nantinya DPT hasil perbaikan diragukan hasilnya akan memengaruhi keseluruhan pemilu. Selain itu, tahapan-tahapan dalam pemilu dapat mundur bila DPT hasil perbaikan harus ditunda kembali penetapannya untuk pencermatan lebih lanjut.

"Oleh karena itu, penetapan ini jangan tertinggal kembali agar agenda tahapan dan program lainnya juga tak terganggu, seperti logistik dan distribusi data pemilih di TPS-TPS," katanya.

Sementara itu, KPU akan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT hasil perbaikan tingkat nasional pada hari Minggu (16/9).

Rapat pleno tersebut untuk menetapkan DPT hasil perbaikan setelah dalam rapat pleno rekapitulasi DPT tingkat nasional, Rabu (5/9), disepakati perbaikan DPT karena adanya data ganda, dan diberikan waktu 10 hari untuk perbaikan.

Badan Pengawas Pemilu memprediksi sekitar 2.000.000 data ganda yang ada di DPT, sedangkan KPU menyatakan data ganda di DPT di bawah 2 persen dari total DPT sebanyak 185 juta calon pemilih dalam negeri.