Gubernur titip pengembangan destinasi wisata Sombori ke bupati

id gubernur,wisata,sombori,morowali

Gubernur Sulteng Longki Djanggola (baju kotak2 hitam) mengingatkan warga untuk tidak membuang sampah sembarangan usai memasang tanda larangan membuang sampah di Pulau Sombori, Jumat (14/9) (Antaranews Sulteng/Humas Pemprov Sulteng)

Tolong prioritas untuk APBD Kabupaten Morowali
Palu, (Antaranews sulteng) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menitipkan pengembangan destinasi wisata Pulau Sombori, kepada bupati Morowali untuk menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Sulteng.

"Tolong prioritas untuk APBD Kabupaten Morowali,"kata Gubernur Longki saat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Morowali periode 2018-2023 di Kota Palu, Rabu.

Menurut gubernur, destinasi wisata itu wajib dikembangkan karena tidak kalah indahnya dari destinasi raja Ampat di Sorong, Papua Barat.

"Nanti kami dari provinsi juga membantu pembangunan infrastruktur," janji gubernur.

Gubernur juga meyakini, mitra-mitra pemerintah di daerah tersebut, juga akan membantu dan mengembangkan pulau Sombori, salah satunya PT  Indonesia Morowali Industri Park (IMIP).

"Supaya bisa mendunia seperti raja Ampat, karena saya sudah dari sana," ujar gubernur.

Baca juga: Gubernur: Pulau Sombori andalan Sulteng sedot wisman

Beberapa waktu lalu, Gubernur Longki mengunjungi destinasi pulau Sombori dan bertatap muka dengan masyarakat setempat. 

Gubernur meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di Pulau Sombori, Kabupaten Morowali, karena tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata masa depan yang akan menyedot banyak wisatawan mancanegara.

Gubernur juga mengikuti aksi peduli lingkungan dan ekosistem laut bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Sombori Diving Club (SDC) Kabupaten Morowali) berupa aksi bersih pantai dan transplantasi terumbu karang.

Pulau Sombori bisa dijangkau dengan menumpang pesawat terbang selama satu jam dari Bandara Mutiara Palu ke Bandara Maleo, Morowali, kemudian menumpang mobil ke Bungku, Ibu Kota Kabupaten Morowali selama setengah jam untuk kemudian menumpang kapal cepat (speedboat) selama sekitar dua jam ke Pulau Sombori. 
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar